SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

Lukman Zaenal Arifin

Abstrak


 ABSTRAK

 

Zaenal Arifin, Lukman. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Sapir, S.Sos, M.Si

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Model Student TeamsAchievement Division (STAD), Aktivitas belajar siswa, hasil belajarsiswa.

Sekolah merupakan tempat pelaksanaan pendidikan formal yang berjenjang dengan tujuan membelajarkan siswa. Pada proses pembelajaran di sekolah siswa diharapkan menjadi aktif, interaktif dan lebih beraktivitas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Akan tetapi pada kenyataanya hal tersebut tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan khususnya di kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran ekonomi siswa terlihat pasif dan keaktifan hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu. Hal tersebut menyebabkan siswa lainnya kurang antusias bahkan ada yang mengantuk. Selain itu interaksi edukatif siswa hanya diperoleh dari guru sedangkan interaksi antar siswa tidak ada sehingga aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran di kelas terlihat kurang. Begitu juga dengan hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa pada pokok bahasan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, dimana hanya 16 siswa dari 28 siswa yang nilainya sama dengan atau di atas KKM, itu berarti nilai siswa yang dinyatakan tuntas masih tergolong rendah. Penelitian ini dilasanakan untuk meneliti aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD di kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang. Penggunaan model STAD ini sebagai alternatif untuk mengatasi kondisi siswa yang kurang beraktivitas selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang di bawah KKM .

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang semester genap tahun ajaran 2016/2017 dapat berjalan dengan baik dan efisien; 2) untuk mendeskripsikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang semester genap tahun ajaran 2016/2017; 3) untuk mendeskripsikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN Tambakberas Jombang semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mendiskripsikan tujuan penelitian yang telah disebutkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri atas 4 tahap yaitu 1) perencanaan; 2) tindakan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD telah dilaksanakan dengan baik. Persentase rata-rata tindakan penulis dalam menerapkan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan. Persentase rata-rata tindakan penulis pada siklus 2 meningkat sebesar 11,11% menjadi 96,29%. Selain itu penerapan pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata tingkat aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 69,08%, meningkat menjadi 80,66% pada siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa, Rata-rata nilai post-test pada siklus 2 mengalami peningkatan dibanding siklus 1 sebesar 4,8 menjadi 80,04.

Melihat penerapan pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, penelitian ini perlu disarankan pada pihak-pihak terkait diantaranya guru dan penulis lain. Bagi guru diharap dapat menjadikan model STAD sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi dengan memilih pokok bahasan yang tingkat kesulitannya sedang seperti kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Model ini berorientasi pada siswa sehingga dengan materi yang tingkat kesukarannya sedang, siswa dalam kelompok lebih mudah mendiskusikannya dan  berdampak pada hasil belajar yang efektif. Sedangkan bagi penulis lain diharap dapat digunakan referensi jika akan melaksanakan penelitian yang serupa. Selain itu Penulis lain dapat memadukan model STAD dengan model pembelajaran lainnya demi memperoleh hasil belajar yang lebih optimal.