SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Time Token Arends Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang

Zuhrotur Rosyidah

Abstrak


 ABSTRAK

 

Rosyidah, Zuhrotur. 2017. Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dan Time Token Arends Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa  Kelas XI IPS 1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto,M.Si

 

Kata Kunci: STAD, Time Token Arends, Keaktifan dan Hasil Belajar

Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, sumber belajar tidak hanya berpusat pada guru, namun siswa juga aktif dalam menemukan sumber belajar. Namun kenyataannya, dalam kegiatan pembelajaran ekonomi di kelas, hanya beberapa siswa yang terlihat aktif bertanya, berpendapat maupun menjawab pertanyaan. Permasalahan lainnya adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dikarenakan siswa tersebut kurang memahami materi. Dengan menerapkan model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan Time token arends dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar siswa di kelas sehingga siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang baik atau diatas KKM.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kekatifan dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah 30 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa keatifan belajar siswa dan hasil belajar siswa ranah kognitif, setelah penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Time Token Arends. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, test, catatan lapangan dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa  setelah diterapkannya perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Time Token Arends. Hal ini dapat ditunjukkan persentase kekatifan siswa pada siklus I sebesar 64,78% dan meningkat pada siklus II menjadi 77,08%. Begitupula dengan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Pada siklus I 22 siswa tuntas, sementara pada siklus II 27 siswa tuntas (90%) hasil belajarnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Time Token Arends dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Guru mata pelajaran ekonomi disarankan dapat menerapkan model pembelajaran ini sebagai alternatif lain dalam proses pembelajaran, namun demikian perlu disesuaikan dengan materi khususnya materi yang bersifat konseptual dan waktu pelaksanaannya.