SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kediri

M Fatchur Rohman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohman, M. Fatchur. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Haisl Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kediri. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

 

Kata Kunci : Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan suatu negara, khususnya di Indonesia.Pendidikan ini bisa di dapatkan dari sekolah. Sekolah menjadi salah satu tempat pendidikan yang memiliki fasilitas belajar yang baik. Dalam proses belajar mengajar keberhasilan seorang siswa dalam menguasai mata pelajaran ekonomi di sekolah tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya. Faktor pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah juga menajdi faktor penyebab keberhasilan hasil belajar. Siswa yang kurang memanfaatkan fasilitas belajar yang ada di sekolah, bisa menjadi kendala dalam hasil belajar. Selain faktor-faktor pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, faktor motivasi belajar juga turut mendukung dalam keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kediri? (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kediri? (3) Apakah ada pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kediri?

Variabel independenyang digunakan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar, serta hasil belajar menjadi variabel dependen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 8 Kediri yang berjumlah 170 siswa. Sampel yang di ambil sebanyak 119 siswa dengan teknik purposive random sampling yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regrei linear berganda dengan bantuan program Software SPSS 16.00 for Windows, dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pemanfaatan belajar di sekolah berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar, (2) Motivasi belajar berpebgaruh secara positif terhadap hasil belajar, (3) Secara simultan pemanfaatan fasilita belajar di sekolah dan motivasi belajar berpengaruh secara positifterhadap hasil belajar. Penelitian ini memiliki banyak kekurangan, diharapkan untuk penelitian selanjutnya yang mengangkat variabel independen pemanfaatan fasilits belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar,bisa menambah variabel yang lainnya dan menyempurnakan teori dan memperkuat penemuan sebelumnya.