SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments dan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Salahuddin Kota Malang

Fuad Bekti Sudrajad

Abstrak


ABSTRAK

 

Sudrajad, Fuad Bekti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments dan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Salahuddin Kota Malang. Skripsi, Jurusan Eknomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tornaments (TGT), Sparkol Videoscribe,Motivasi, Hasil Belajar

Guru mempunyai tugas untuk membimbing dan mengarahkan siswa untuk mencapai kompetensi-kompetensi yang telah ditetapkan, namun dalam implikasinya banyak gangguan-gangguan yang menghambat kegiatan belajar mengajar,kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik sesuai ekspektasi dari guru, siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran rendah sehingga siswa tidak mampu menyerap materi yang telah  di berikan dengan maksimal. Hal ini juga yang terjadi pada kelas XI IPS 1 SMA Salahuddin, hal tersebut tercermin dari banyaknya  siswa yang tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi, terdapat siswa yang bermain handphone, berbicara sendiri dengan temannya maupun terlihat mengantuk hal tersebut mengakibatkan nilai siswa kelas XI IPS1 kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut guru dapat menggunakan beberapa alternaif cara  seperti perbaikan pada media pembelajaran maupun model pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model TGT dipilh karena memiliki beberapa kelebihan diantara seperti yang dijelaskan oleh Slavin (2011:185) “Pembelajaran TGT dapat menumbuhkan sikap-sikap positif di dalam diri siswa seperti, kerja sama, toleransi”. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah sparkol videoscribe yang dapat memudahkan guru untuk menyampaikan informasi dan dapat meningkatkan motivasi belajar.

Masalah yang diteliti yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran teams games tournaments dan media pembelajaran sparkol video scribe siswa sma salahuddin kelas XI IPS 1, apakah penerapan model pembelajaran teams games tournaments dan media pembelajaran sparkol video scribe dapat meningkatkan motivasi belajar serta apakah penerapan model pembelajaran teams games tournaments dan media pembelajaran sparkol video scribe dapat meningkatkan hasil belajar siswa sma salahuddin kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran ekonomi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Model TGT dan media pembelajaran sparkol videoscribe mendapat respon baik dari siswa Salahuddin kelas XI IPS 1 yaitu 60,83% siswa menjawab setuju, dan 15% siswa menjawab sangat setuju dengan  diterapkannya model TGT dan media pembelajaran sparkol videoscribe pada pembelajaran siswa sedangkan darari hasil motivasi belajar siswa pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar sebesar 11% dari 64% menjadi 75% Serta Peningkatan hasil belajar sebesar 25%  pada siklus 1 yang sebesar 62,50% ke siklus 2 yang sebesar 87,50%.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif TGT dan media Pembelajaran Sparkol Videoscribe mendapatkan respon yang baik dari siswa dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sedangkan saran dalam penelitian ini model pembelajaran TGT dan media pembelajaran sparkol videoscribe diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif guru untuk mengajar.