SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 5 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Batu

Martika Nur Zulifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zulifah, Martika N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 5 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran debate, keaktifan belajar, hasil belajar

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Batu pada kelas X IPS 5, diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi di sekolah tersebut adalah keaktifan siswa dikelas tidak merata, masih banyak siswa yang pasif dibandingkan yang aktif, siswa kurang bersemangat, dan suasana kelas ramai pada mata pelajaran ekonomi sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat,yaitu model debate yang mampu membangkitkan daya tarik dan analisis siswa dalam suatu permasalahan, serta diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan penerapan model debate agar dapat meningkatkan keaktifan  dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 di SMA Negeri 1 Batu Pada Mata Pelajaran Ekonomi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Batu dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan tahun ajaran 2016/2016\7. Data yang digunakan adalah penerapan model debate dari telaah rencana pelaksanaan pembelajaran dan  lembar observasi, dan keaktifan siswa dari lembar observasi, hasil belajar dari post test. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan  dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 dari siklus I ke siklus II. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 72% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 79.3% paa siklus satu menjadi 100% dengan rata-rata 74 menjadi 86.

Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model debate dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 di  SMA Negeri 1 Batu. Saran untuk guru ekonomi bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Selain itu, saran untuk peneliti selanjutnya dapat digunakan referensi dan memperbaiki kekurangan yang ada dalam penelitian ini.