SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat BelajarTerhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Malang

Siska Febrina

Abstrak


ABSTRAK

 

Febrina, Siska. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat BelajarTerhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar

Pendidikan dalam kehidupan sangatlah penting. Pemerintah saat ini mewajibkan setiap anak Indonesia mendapatkan pendidikan,hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Pendidikan erat kaitannya dengan hasil belajar. Hasil belajar digunakan sebagai ukuran ketuntasan seorang siswa dalam belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu, faktor internal dan faktor ekdternal. Kedua faktor tersebut berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa, namun faktor internal yang lebih mendominasi karena seorang siswa bisa saja tidak terpengaruh oleh faktor eksternal. Motivasi belajar dan minat belajar merupakan bagian dari faktor internal dan pasti dimiliki oleh semua siswa. Sehingga motivasi belajar dan minat belajar yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Malang, (2) Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Malang, (3) Mengetahui bagaimana pengaruh antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Malang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Eksplanasi digunakan dalam penelitian ini karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini dengan cara menyebarkan angket kepada siswa yang telah menjadi sampel dalam penelitian.

Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negari 6 Malang dipengaruhi oleh motivasi belajar dan minat belajar. Dengan dilihat dari uji sumbangan efektif diket ahui bahwa motivasi lebih dominan mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan minat belajar, namun bukan berarti minat belajar tidak mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika dilihat hasil penelitian secara parsial, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan minat belajar berpengaruh juga terhadap hasil belajar. Dilihat secara simultan motivasi belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan minat belajar mampu memaksimalkan hasil belajar siswa.