SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Dimas Setyo

Abstrak


 ABSTRAK

 

Setyo, Dimas. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dr. H Agung Haryono, SE., M.P., Ak

 

Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Lesson Study, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Penelitian ini dilakukan  karena dalam kelas X IPS 1 mempunyai permasalahan yaitu keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa yang masih dikatakan rendah. Penulis mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut dengan memilih model pembelajaran kooperatif. Salah satu contoh model pembelajaran kooperatif adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dalam metode ini siswa akan diberikan sebuah wacana yang sesuai dengan materi dan siswa akan memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Dalam proses tersebutlah siswa akan dituntut aktif dalam kelompoknya, memberikan ide-idenya dalam menyelesaikan solusi dari wacana yang telah diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterlaksanaan model pembelajaran CIRC dapat berjalan dengan baik jika diterapkan serta untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran CIRC mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan berbasis lesson study. Data dari penelitian ini menggunakan intrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa, lembar lesson study dokumentasi, soal post-test.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis Lesson Study pada mata pelajaran ekonomi berjalan baik sesuai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Saran yang dapat penulis berikan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, khususnya mata pelajaran Ekonomi dapat menerapkan model pembelajaran CIRC berbasis Lesson Study untuk mengatasi masalah keaktifan dan hasil belajar siswa. (2) Bagi sekolah, terutama pihak kurikulum dapat memperkenalkan para guru untuk menerapkan model pembelajaran CIRC berbasis Lesson Study. (3) Bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan dan mengembangkan model pembelajaran dengan CIRC berbasis Lesson Study agar dapat menjadi penelitian yang lebih baik lagi.