SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Debate Berkolaborasi dengan Model Pembelajaran Time Token Arend untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 10 Malang.

Emy Fitri Ana

Abstrak


ABSTRAK

 

Ana, Emy Fitri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Debate Berkolaborasi dengan Model Pembelajaran Time Token Arend untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 10  Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. A. Ali Wafa, M.Pd.

 

Kata Kunci: Debate, Time Token Arend, Berfikir Kritis, dan Hasil Belajar

Dalam pendidikan peran guru sangat diperlukan sebagai fasilitator, terlebih lagi dalam kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran tidak hanya berpusat kepada guru saja, tetapi siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran. Guru disini sebagai fasilitator dan harus mampu mengetahui permasalahan yang ada di dalam kelas dan mampu menggunakan metode atau model pembelajaran yang sesuai, agar pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan menerapkan model pembelajaran debate yang dikolaborasikan dengan time token arend dapat membantu siswa dalam belajar sehingga hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa meningkat.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 6J3 SMA Negeri 10 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan 2 kali siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 6J3 SMA Negeri 10 Malang dengan jumlah siswa 36 tahun ajaran 206/2017. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa ranah kognitif setelah diterapkannya model pembelajaran debate berkolaborasi dengan time token arend . Instrumen yang digunkan adalah lembar observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran debate berkolaborasi dengan time token arend. Hal ini dapat ditunjukkan hasil belajar pada ranah kognitif persentase siklus I 12 siswa tuntas (33%), sedangkan siklus II 31 siswa tuntas (86%). Pada kemampuan berfikir kritis juga mengalami peningkatan pada siklus I 5 siswa tuntas (14%), sedangkan siklus II 31 siswa tuntas (86%). Persentase keterlaksananaa tindakan peneliti pada siklus I 76% pada siklus II 92% juga mengalami peningkatan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran debate berkolaborasi dengan time token arend dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 6J3 SMA Negeri 10 Malang. Guru mata pelajaran ekonomi disarankan dapat menerapkan model pembelajaran ini dikarenakan respon siswa terhadap penerapan model ini sangat baik atau positif tetapi harus disesuaikan dengan materi yang relevan.