SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang Tahun Ajaran 2016/1017

Linda Wahyu Octavianingrum

Abstrak


Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang diketahui bahwa dalam pembelajaran ekonomi sebagian besar siswa masih kurang bersemangat saat mengikuti pembelajaran ekonomi. hal tersebut dikarenakan proses belajar di kelas XI IPS 6 ini masih cenderung satu arah kemudian siswa juga masih banyak yang bergantung pada salah satu temannya dan interaksi antar siswa masih kurang. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar di kelas XI IPS 6 masih kurang maksimal sehingga nilai siswa yang dapat mencapai KKM dari 38 siswa masih ada 6 siswa yang nilainya di atas KKM. kenyataan inilah yang melatarbelakangi diadakannya PTK ini.

Pendekatan yang digunkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan 2 pertemuan masing-masing pertemuan ada yang 2 JP x 45 menit dan ada yang 1 JP x 45 menit. Setiap siklus mencakup : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 38 siswa yang secara keseluruhan adalah perempuan. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi catatan lapangan, lembar aktivitas siswa, soal post test dan angket, dan lembar keterlaksanaan guru dalam menerapkan model pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil skor angket minat dan hasil belajar dari siklus I ke siklus III. Siklus I hasil skor minat siswa memperoleh 70.39% dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata hasil belajar 63,55 untuk siklus II  skor minat belajar memperoleh 71.18% dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata hasil belajar 72,89 kemudian pada siklus III 76.88% dengan kriteria tinggi dan nilai rata-rata hasil belajar 84.18.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada materi lain yang sesuai.