SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Course Review Horey Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-2 MAMIFTAHUL FALAH Pasuruan

desi ayu hartanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Ayu, Desi 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Course Review Horey Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-2 MAMIFTAHUL FALAH Pasuruan.Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si

 

Kata Kunci : Talking Stick, Course Review Horey, keaktifan peserta didik dan hasil belajar.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di MA MIFTAHUL FALAH Pasuruan pada kelas X-2, permasalahn yang ditemukan peneliti pada kelas tersebut adalah kurangnya inovasi dalam menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan materi akibatnya peserta didik kurang tertarik dengan model pembelajaran sehingga kurang antusias dalam proses pembelajaran. Pada pelaksanaan proses pembelajaran peserta didik lebih cenderung aktif dengan kegiatan sendiri seperti bermain Handphone di kelas, bergurau dengan teman ataupun mencorat-coret kertas. Guru sudah berusaha untuk menggunakan model membentuk kelompok kecil dan penggunaan Power Point untuk menyampaikan materi namun hasilnya tetap sama peserta didik tidak sepenuhnya aktif. Ketidak aktifan peserta didik mungkin disebabkan akibat pemahaman yang kurang terhadap materi pembelajaran. Pemahaman yang kurang cenderung untuk tidak mengemukakan pendapatnya baik dalam hal bertanya maupun manjawab pertanyaan-pertanyaan selama proses pembelajaran, dan mengakibatkan hasil belajar mereka dibawah KKM yang telah di tetapkan yaitu 70. Untuk mengatasi permasalah tersebut, peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan Course Review Horey untuk merangsang siswa lebih aktif dan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X-2.

Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas karena tindakan kelass ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas untuk memberikan hasil belajar meningkat dan keaktifan dan dilakukan dengan dua kali siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena proses pengambilan data dilakukan secara langsung atau alami dimana hasil penelitian tersebut didiskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa dalam memberikan penafsiran terhadap hasilnya. Peneliti akan mengamati, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksi belajar mengajat yang dilakukan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini tahapan yang dilakukan berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MA MIFTAHUL FALAH Pasuruan dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12perempuan peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputiwawancara,observasi, dokumentasi, post test dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil analisis keaktifan peserta didik pada silus I mendapat predikat cukup (C) dengan perolehan persentase sebesar 70% hal tersebut dikarenakan disetiap pertemuan ada siswa yang tidak masuk sehingga penilaian menjadi kurang. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil analisis keaktifan peserta dididk mendapat predikat aktif sekali (A) dengan perolehan persentase sebesar 92%. Untuk hasil belajar juga terlihat jelas terjadi peningkatan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat terlihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik rabah kognitif dengan nilai rata-rata post test peserta didik pada siklus I diperoleh persentase sebesar 71%  dan meningkat pada siklus II diperoleh persentase sebesar 85%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TalkingStick dan Course Review Horey dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X-2 MA MIFTAHUL FALAH Pasuruan.

Saran untuk guru mata pelajaran ekonomi bahwa model ini dapat  dijadikan alternative untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dan juga menyesuaikan materi yang tepat untuk menerapkan model tersebut. Untuk peneliti lain sebaiknya menggembangkan perpaduan model pemeblajaran ini dengan menambah aspek lain seperti aspek kognitif, variasi bentuk tes yang digunakan untuk menilai hasil belajar kognitif dan mengguankan materi ekonomi lain yang cocok untuk diterapkan dalam perpaduan model Talking Stick dan Course Review Horey.