SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman sebaya Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMAN 1 Gondanglegi Tahun Ajaran 2016/2017

bahrul Ulum

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan merupakan suatu yang penting dan diangga paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam pencapaian hasil belajar banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain adalah faktor lingkungan keluarga dan teman sebaya. Lingkungan keluarga dan teman sebaya merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Lingkungan keluarga siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi berbeda-beda, sebagian berasal dari keluarga sederhana dan sebagian berasal dari keluarga yang berkecukupan. Siswa yang berasal dari keluarga sederhana biasanya merasa rendah diri dan ada yang merasa biasa-biasa saja sehingga ada yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pada setiap kelas, ada juga beberapa siswa yang terbagi menjadi kelompok teman sebaya tertentu, dan ada juga yang tidak mempunyai kelompok teman sebaya di kelas. Siswa yang tidak mempunyai kelompok teman sebaya di kelas cenderung pasif dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Kondisi lingkungan keluarga dan diterimanya siswa dengan teman sebaya lain mempengaruhi hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (2) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (3) pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN Gondanglegi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi yang berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan pengelolaan program SPSS 20 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (2) terdapat pengaruh yang signifikan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan lingkungan keluarga (X1) dan teman sebaya (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. hasil penelitian yang di dapat bahwa teman sebaya berpengaruh sangat besar terhadap hasil belajar siswa dari pada lingkungan keluarga meskipun sama-sama ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan: (1) sekolah hendaknya bekerja sama dengan wali murid apabila siswa mengalami permasalahan di lingkungan keluarga, (2) guru lebih memperhatikan siswanya apabila mereka mengalami masalah baik dengan lingkungan keluarga maupun dengan teman sebaya, dan  mempunyai inovasi yang berhubungan dengan hasil belajar siswa yang menunjang (3) penelitian selanjutnya diharapkan dapat merefleksikan penelitian ini dengan faktor eksternal yang berbeda misalnya disiplin belajar, fasilitas belajar disekolah, lingkungan masyarakat, sehingga berguna sebagai tambahan pengetahuan, kajian dan referensi untuk permasalahan yang berkaitan dengan masalah penelitian ini.