SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Menggunakan Media Handout Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 10 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.

Ratnasari Mila Sukma

Abstrak


ABSTRAK

 

Sukma, Mila Ratnasari. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle5E Menggunakan Media Handout Terhadap Peningkatan Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 10Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program StudiPendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Drs. H. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

 

Kata kunci: Learning Cycle 5E, Media Handout, Hasil Belajar

Model Pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran yang terdiri dari 5 fase yaitu fase Engagement, fase Exploration, fase Explanation, fase Elaboration, fase Evaluation. Dan Media Handout disini berperan sebagai penengah dari beberapa buku paket yang berbeda di kelas X IPS 2 tersebut, sehingga dengan adanya media handout siswa menjadi tidak bingung ketika mempelajari materi pelajaran.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e menggunakan media handout di kelas X IPS 2 di SMA 10 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa 32 siswa, dengan rincian 14 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes yang diujikan melalui validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes dan daya beda tes yang sebelunya diujikan pada kelas XI  IPS 2

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang terjadi ketika menerapkan model pembelejaran learning cycle 5e menggunakan media handout. Pada siklus 1 hasil belajar siswa menunjukkan 59,3% dari 32 siswa 19 siswa dinyatakan tuntas dan 13 siswa dinyatakan belum tuntas karena kurang dari SKM sebesar 75. pada siklus 2, hasil belajar mengalami peningkatan dengan presentase 87% dari 32 siswa 27 siswa dinyatakan lulus dan 4 siswa dinyatakan belum tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yaitu, bagi guru ekonomi, guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran leaning cycle 5e sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, agar siswa lebih memahami materi dan tertarik dengan pembelajaran. Dan media handout sebagai media penengah dari beberapa buku yang dipakai. Bagi guru lain, lain disarankan untuk mencoba menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e. Bagi peneliti lain, yang akan mengkaji mengenai model pembelajaran learning cycle 5e diharapkan agar lebih teliti dan memiliki perencanaan yang baik dalam menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e sehingga dapat mencapai tujuan secara maksimal.