SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) dan Numbered Head Together (NHT)Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 6Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Brawijaya Smart School

Sundari Ekasari

Abstrak


 ABSTRAK

 

Ekasari, Sundari. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) dan Numbered Head Together (NHT)Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 6Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Brawijaya Smart School. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E., M. P., Ak

 

Kata Kunci: Think Pair Share(TPS), Numbered Head Together(NHT), Motivasi dan Hasil Belajar

Berdasarkan pengamatan pra penelitian siswa kelas XI IPS 6 memiliki hasil belajar yang rendah, hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa. Rata-rata nilai UH siswa sebesar 60,29 dengan siswa yang tuntas dari nilai KKM sebanyak 2 siswa dari jumlah 28 siswa.Selain itu, motivasi belajar siswa juga kurang. Hal ini disebabkan kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran Ekonomi. Sehingga banyak siswa yang pada saat pembelajaran dimulai siswa banyak yang ramai, bicara sendiri dan tidak fokus terhadap pelajaran. Apabila motivasi belajar siswa kurang maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa, hal ini ditegaskan pada jurnal yang dihasilkan oleh Fidha (2014). Model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi adalah think pair share (TPS) dan numbered head together (NHT).

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 6 SMA Brawijaya Smart School. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 6 SMA Brawijaya Smart School dengan jumlah 28 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dari angketberupa motivasi belajar dan hasil belajar siswa ranah kognitif setelah diterapkannya model pembelajaran think pair share (TPS) dan numbered head together (NHT). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, test, catatan lapangan, dokumentasi dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran pembelajaran think pair share (TPS) dan numbered head together (NHT). Hal ini dapat ditunjukkan hasil motivasi belajar persentase pada siklus I 76,92%, sementara pada siklus II 86,80%. Sedangkan hasil belajar pada ranah kognitif nilai rata-rata sebesar 71,68 sehingga persentase pada siklus I 16 siswa tuntas sebesar 57,14%, sementara nilai rata-rata pada siklus II sebesar 89,5 sehingga persentase 27 siswa yang tuntas sebesar 96,43%. Persentase keterlaksanaan tindakan peneliti pada siklus I 82,2%, pada siklus II 92,8% juga mengalami peningkatan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dan numbered head together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 6 SMA Brawijaya Smart School. Model pembelajaran ini bisa diterapkan oleh guru ekonomi sebagai variasi pelaksanaan pembelajaran dengan materi yang bersifat yang pengetahuan lebih dalam.