SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF, GAYA HIDUP, DAN MODERNITAS TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI PRODI S1 PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2014

Ahmad Afandi Nurdin

Abstrak


 ABSTRAK

 

Nurdin, Achmad Afandi. 2017. PengaruhPerilakukonsumtif, Gaya Hidup, danModernitasterhadapLiterasiKeuanganMahasiswaFakultasEkonomi Prodi S1 PendidikanEkonomiUniversitasNegeri Malang Angkatan 2014. Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: PerilakuKonsumtif, Gaya Hidup, Modernitas, danLiterasiKeuangan.

Literasi keuangan menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan seseorang saat ini, karena literasi keuangan merupakan alat yang berguna dalam mengelola dan merencanakan keuangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pengaruh perilaku konsumtif, gaya hidup, dan modernitas secara parsial terhadap literasi keuangan Mahasiswa FE Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014? (2) Bagaimana pengaruh perilaku konsumtif, gaya hidup, dan modernitas secara simultan terhadap literasi keuangan Mahasiswa FE Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014?

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 UniversitasNegeri Malang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 responden yang tersebarpada 5 offering yaitu, offering SS, O, OO, N, dan NN dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Data diperoleh menggunakan instrumen angket yang telah diuji kelayakan melalui uji validitas dan reliabilitas.

Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara perilaku konsumtif terhadap literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya hidup terhadap literasi keunangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi  Universitas Negeri Malang angkatan 2014, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara modernitas terhadap literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014, (4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara perilaku konsumtif, gaya hidup, dan modernitas terhadap literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014.Masing-masing variabel bebas memiliki sumbangan efektif sebagai berikut: Perilaku konsumtif berpengaruh sebesar 31,232%, gaya hidup berpengaruh sebesar 16,32% dan modernitas berpengaruh sebesar 17,603%. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan meneliti variabel-variabel lain yang mempengaruhi literasi keuangan diluar variabel perilaku konsumtif, gaya hidup, dan modernitas, agar hasil penelitian dapat berkembang.