SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implikasi Program Adiwiyata pada Implementasi Pembelajaran Ekonomi di Kota Malang

Yuana Eka Kusumawardani

Abstrak


 ABSTRAK

 

Kusumawardani, Yuana Eka. 2017. Implikasi Program Adiwiyata pada Implementasi Pembelajaran Ekonomi di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P.Ak

 

Kata kunci: Program Adiwiyata, Pembelajaran Ekonomi

Program Adiwiyata merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan melalui dunia pendidikan. Pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah-sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Pembelajaran ekonomi sangat berkaitan erat dengan konsep pendidikan lingkungan hidup. Penyampaian materi mata pelajaran ekonomi merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka mengarahkan sikap dan perilaku rasional siswa sehingga dapat memanfaatkan sumber daya secara efisien dengan memperhatikan kelestarian lingkungan juga. Apabila siswa sudah memahami dan mengerti tentang konsep keseimbangan lingkungan dalam materi mata pelajaran ekonomi, maka akan dihasilkan generasi masa depan yang mengerti dan melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah satu guru ekonomi di SMAN 2 Malang, SMAN 5 Malang, SMAN 7 Malang dan SMAN 10 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implikasi program Adiwiyata di sekolah meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah. Dalam pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, tidak semua materi pelajaran ekonomi dapat dikaitkan dengan program Adiwiyata. Materi yang berkaitan antara lain kelangkaan, manajemen, bank, produksi, distribusi,konsumsi.pembangunan ekonomi, pelaku ekonomi (BUMN, BUMS, Koperasi), inflasi dan akuntansi. Dampak program Adiwiyata terhadap pembelajaran ekonomi terjadi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam materi pembelajaran ada yang berkaitan dengan lingkungan, dalam pelaksanaan pembelajaran siswa mendapatkan pengalaman langsung dan guru dapat melakukan penilaian autentik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program Adiwiyata maka pembelajaran ekonomi melibatkan siswa secara penuh untuk mempelajari materi dan menghubungkannya dengan lingkungan sekitar sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Hal ini sesuai dengan strategi pembelajaran kontekstual.