SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 1 TUMPANG.

Gita Anggraeny

Abstrak


 ABSTRAK

 

Anggraeny, Gita. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci: Course Review Horay, Keaktifan, Hasil Belajar.

Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar oleh setiap individu. Setiap kegiatan pembelajaran terjadi interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Interaksi tersebut akan seimbang apabila guru dan siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Namun pada kondisi di kelas XI IPS 5 siswa tidak berperan aktif, dan kegiatan pembelajaran  hanya berpusat pada guru.  Kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh cara mengajar guru, sulitnya materi pembelajaran, sumber belajar yang kurang memadai, dan kurang minatnya siswa pada mata pelajaran tersebut.

Kegiatan pembelajaran seringkali membuat siswa merasa bosan dan tidak bersemanagat dalam belajar, dikarenakan guru menerapkan model ceramah atau konvensional. Pembelajaran dengan menggunakan model tersebut dapat mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang menarik dan dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Course Review Horay. Adapun kelebihan model pembelajaran Course Review Horay, antara lain: a) pembelajaran lebih menarik, b) mendorong siswa terlibat langsung di dalam pembelajaran, c) melatih kemampuan kerjasama, d) siswa menjadi lebih bersemangat karena suasana yang diciptakan lebih menyenangkan, e) pembelajaran menjadi tidak monoton.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengambilan data penerapan model pembelajaran Course Review Horay dengan menggunakan instrumen lembar observasi kegiatan guru, data hasil belajar menggunakan instrumen soal post test dan nilai dari jumlah horay dan bingo yang didapatkan siswa, dan data keaktifan siswa menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dalam penerapan model pembelajaran Course Review Horay.

Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 5. Hal tersebut ditunjukkan dengan keberhasilan tindakan peneliti dalam menerapkan model pembelajaran Course Review Horay yaitu pada siklus I mencapai 65% yang dikategorikan baik (B) kemudian meningkat pada siklus II sebesar 82% yang masuk dalam kategori sangat baik (A). Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 78% menjadi 87% pada siklus II, atau meningkat sebesar 9%. Sedangkan peningkatan keaktifan pada siklus I sebesar 72 % dan mengalami peningakatan pada siklus II sebesar 79%.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, dan disarankan bagi guru khususnya guru ekonomi untuk menerapkan model pembelajaran tersebut agar keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat.