SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumsi Produk Fashion pada Siswi Kelas XI-IS SMA Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2016/2017

Rini Astriani

Abstrak


 ABSTRAK

 

Astriani, Rini. 2017. Pengaruh Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumsi Produk Fashion pada Siswi Kelas XI-IS SMA Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E., M.P., Ak.

 

Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Kelompok Teman Sebaya, Perilaku Konsumsi

Penelitian ini bermula dari permasalahan perilaku konsumtif siswi kelas XI-IS SMA Negeri 9 Malang terhadap produk fashion untuk menunjang penampilannya. Siswi kelas XI-IS SMA Negeri 9 Malang memakai barang mewah di sekolah secara berlebihan seperti siswi yang sering menganti-ganti produk fashion  bermerek mahal untuk mengikuti trend saat ini. Perilaku konsumsi siswi tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki sifat yang cenderung boros dan tidak realistis. Siswi kelas XI-IS SMA Negeri 9 Malang dianggap telah memiliki literasi ekonomi yang cukup dari matapelajaran ekonomi, masih dalam pengawasan orang tua yang tentunya diberikan pendidikan dalam keluarga, dan teman sebaya yang memicu perilaku konsumtif. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi; 2) pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi; 3) pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi; dan 4) pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi keluarga, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi produk fashion.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi asosiatif. Instrumen penelitian ini berupa dokumentasi dan kuesioner  yang disebarkan ke 47 responden yang merupakan sampel dalam penelitian dari seluruh siswi kelas XI-IS SMAN 9 Malang. Data dianalisis menggunakan  analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21 for windows.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: 1) Pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan; 2) Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan; 3) Pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan; 4) Pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi keluarga, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan.

Saran yang bisa diberikan: 1) Guru Ekonomi diharapkan dapat menanamkan nilai sikap berupa contoh yang kongkrit mengenai perilaku yang baik dalam berkonsumsi terutama produk fashion agar siswi dapat mencapai tujuan pembelajaran serta membiasakan diri pada perilaku konsumsi yang baik yang telah diajarkan; 2) Orang tua diharapkan menjadi panutan bagi anaknya agar dapat membentuk sikap dan berpikir rasional ketika berkonsumsi; 3) Siswi diharapkan dapat mematuhi perintah maupun nasihat tentang perilaku konsumsi dari orangtua dan gurunya untuk menjadi pribadi yang baik (tidak boros) dan menjaga diri agar tidak diberi maupun memberi pengaruh jelek dalam berkonsumsi terutama produk fashion kepada teman sebayanya; 4) Peneliti selanjutnya untuk dapat memperluas variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini seperti media massa, endorser, kondisi lingkungan sosial, dan lain-lain, sehingga dapat menyempurnakan penelitian ini.