SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Belajar Talking Stick Untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMAN 1 Badegan, Kab. Ponorogo

Dadang Prasetyo

Abstrak


 ABSTRAK

 

Prasetyo, Dadang. 2017. “Penerapan Model Belajar Talking Stick Untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan, Kab. Ponorogo”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M. Si.

 

Kata Kunci : Model Belajar Talking Stick, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Berdasarkan observasi awal di kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan diketahui banyak peserta didik yang jenuh dalam mengikuti proses belajar yang sedang berlangsung. Hal itu dapat dapat diketahui dengan adanya beberapa peserta didik menyangga dagu, ada yang berbicara mengenai topik lain dengan teman sebangku, dan lain sebagainya yang pada intinya adalah peserta didik tidak dapat mengikuti proses belajar dengan maksimal. Ketika proses belajar yang berlangsung tidak maksimal, secara otomatis akan berdampak pada keaktifan belajar peserta didik yang juga akan berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik itu sendiri. Hal itu dikarenakan peserta didik tidak dapat memahami materi yang dijelaskan secara maksimal. Kejadian tersebut yang melatarbelakangi dilaksanakanya PTK ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan yang berhumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 27 peserta didik perempuan dan 8 pesertda didik laki-laki.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Persentase keaktifan belajar peserta didik dari siklus I yaitu 69% meningkat di siklus II menjadi 72,34%, kemudian rata-rata hasil belajar peserta didik di siklus I yaitu 77,15 meningkat di siklus II menjadi 79,29.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajar talking stick yang dilakukan di peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajarnya.