SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Barang Secara Online (Studi pada Konsumsi Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013)

Riki Aditya Prakoso

Abstrak


 ABSTRAK

 

Prakoso, Riki Aditya. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Barang Secara Online (Studi pada Konsumsi Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W, S.E., M.P., Ak.

 

Kata Kunci: Faktor-faktor keputusan pembelian, pembelian online, mahasiswa pendidikan ekonomi.

Keputusan pembelian adalah sebuah proses dimana konsumen melakukan pembelajaran terlebih dahulu tentang sebuah produk sebelum melakukan pembelian dan dengan adanya kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, banyak mahasiswa yang mulai tertarik untuk membeli barang secara online. Kemudahan yang ditawarkan saat belanja online, membuat mahasiswa memutuskan untuk melakukan pembelian barang secara online. Banyak hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan membeli barang secara online. Faktor dalam keputusan pembelian dapat dikelompokan menjadi faktor internal, yaitu psikologi konsumen, dan faktor eksternal. Faktor eksternal terdiri dari stimuli pemasaran, lingkungan sosial budaya, dan sistem kontrol dari vendor. Dari faktor yang ada tersebut penulis melakukan penelitian pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang pernah melakukan pembelian barang secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa tersebut dalam keputusannya membeli barang secara online.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang digunakan adalah data primer, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada narasumber yang pernah membeli barang secara online dan selain itu dari dokumentasi yang mendukung hasil penelitian. Untuk metode analisis yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif karena dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian barang online mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 adalah faktor stimuli pemasaran yang terdapat produk, promosi, harga, dan tempat; faktor lingkungan sosial-budaya yang terdapat kelompok acuan; faktor psikologis yang terdapat motivasi, kepribadian, belajar dan keyakinan; dan faktor sistem kontrol vendor yang didalamnya terdapat efisiensi dan value. Dari penelitian ini diharapkan mahasiswa bisa mengetahui bagaimana keputusan mereka untuk membeli barang secara online terbentuk, selain itu juga diharapkan mahasiswa sebagai konsumen pembelian barang online dapat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi belanja secara online.