SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFISIENSI PRODUKSI BUDIDAYA IKAN LELE DESA GONDOSULI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Moh Haris Abdillah

Abstrak


Desa Gondosuli adalah salah satu desa yang terletak di sebelah barat Kab Tulungagung dan berada  dalam lingkup wilayah Kecamatan Gondang. Kawasanini pada tahun 2014 ditetapkan sebagai Kawasan Minapolitan oleh pemerintah Kabupaten Tulungagung. Desa gondosuli adalah pembudidaya yang berfokus pada pembesaran ikan lele hal ini terjadi karena kualitas sumberdaya yang digunakan oleh pembudidaya lele desa gondosuli seperti air mengalami penurunan kualitas sehinga hanya cocok digunakan sebagai pembesaran ikan lele.Secara mikro, usaha kecil dihadapkan pada permasalahan internal berupa rendahnya sumberdaya manusia seperti kurang keterampilan, wawasan kewirausahaan yang rendah, penguasaan teknologi yang kurang, dan kurangnya manajemen dan penguasaan pasar. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya produktivitas dan kualitas usaha.

Jenis penilitian yang dilakukan adalah Mixed methods research.Penelitian ini dilakukan di Desa Gondosuli Kec Gondang Kab Tulungagung dengan mengunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan lapangan, teknik wawancara dan analisi dokumentasi, Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi penyajian data dan penyimpulan data.

Deskripsi analitik mengenai efisiensi budidaya ikan lele pembudidayaan dilihat melalui dua segi yaitu efisiensi biaya dan efisiensi pengerjaan. Dari segi efisiensi biaya, pembudidayaan lele termasuk dalam kategori efisien dengan sistem kemitraan 30/70. Sedangkan dari segi pengunaan tenaga kerja pengunaan tenaga kerja akan lebih efisien jika di kerjakan oleh 2 orang jika jumlah kolam yang dimiliki sekitar 18 namun akan inefisien jiga jumlah tenaga kerja yang terlibat sekitar 4 orang atau lebih. Rata – rata setiap orang mampu melakukan perawatan terhadap 8 sampai 10 kolam.