SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 1 KEPANJEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yeni Indrianingsih

Abstrak


 ABSTRAK

 

Indrianingsih, Yeni. 2017. Pengaruh Kebiasaan Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E., M.P., AK.

 

Kata Kunci: kebiasaan belajar, perhatian orang tua, variasi gaya mengajar guru, hasil belajar

Hasil belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen pada mata pelajaran Ekonomi tergolong rendah, dimana dapat dilihat dari nilai ulangan tengah semester genap siswa, dari total 4 kelas yang ada hanya 45 siswa yang nilainya diatas KKM sedangkan sisanya 60 siswa nilainya dibawah KKM. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik ingin meneliti penyebab mengapa hasil belajar siswa tersebut rendah. Kemudian penulis menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa tersebut rendah, ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah kebiasaan belajar, dan faktor eksternalnya yaitu perhatian orang tua dan variasi gaya mengajar guru.

Kebiasaan belajar siswa yang dilakukan secara teratur dan konsisten akan memudahkan siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal, tetapi faktanya masih ada siswa yang kurang serius saat pembelajaran dimana ketika guru menjelaskan di depan kelas siswa tidak mendengarkan dan tidak mencatat penjelasan dari guru kebanyakan dari mereka bercanda dengan teman sebangkunya. Selain itu, orang tua merupakan pusat pendidikan yang utama bagi anak, seharusnya orang tua harus memberikan perhatian yang lebih kepada anak ketika anak berada di rumah, seperti menanyakan ada PR atau tidak, menemani saat belajar, dan memberi hadiah ketika anak mendaptkan nilai yang bagus. Dalam proses pembelajaran guru mempunyai arti penting bagi peserta didik, dimana guru harus mampu mengadakan variasi gaya mengajar agar peserta didik tidak merasa bosan, tetapi faktanya ketika proses pembelajaran siswa kurang berkonsentrasi karena model pembelajaran yang dilakukan oleh guru terkesan monoton sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa kurang maksimal.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) adakah pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017? (4) adakah pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua, dan variasi gaya menagjar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017?

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara signifikan antara variabel kebiasaan belajar, perhatian ornag tua, dan variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kuantitatif korelasioanal dengan program SPSS 16.00 for Windows. Populasi dalam penelitian ini ada siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017 dimana berjumlah 141 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Teknilk pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, variasi gaya menagajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan Kebiasaan belajar, perhatian orang tua, dan variasi gaya mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.