SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 2 BATU

Evi Dian Kumala Sari

Abstrak


 ABSTRAK

 

Sari, Evi Dian Kumala. 2017. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Dan Keaktifan  Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis Di Sma Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Haryono, S.E., A.k., M.P.

 

Kata Kunci: intensitas penggunaan media sosial, keaktifan siswa, hasil belajar siswa.

 

Pada era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Pelajar atau siswa dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dalam dunia pendidikan. Pengetahuan yang luas tak hanya didapatkan dari guru, melainkan dari teknologi canggih. Siswa di SMAN 2 Batu, cenderung membuka media sosial seperti facebook, twitter, instagram, BBM, dan youtube pada saat pembelajaran. Di samping itu pada saat pembelajaran terdapat siswa yang terlalu asik membuka media sosial sehingga tidak memperhatikan saat guru menerangkan yang mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMAN 2 Batu (2) Menganalisis pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMAN 2 Batu (3) Menganalisis pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMAN 2 Batu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 126 siswa kelas X IIS di SMAN 2 Batu dan sampel yang diambil sejumlah 96 siswa kelas X IIS di SMAN 2 Batu dengan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini berupa intensitas penggunaan media sosial, keaktifan siswa, dan hasil belajar. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Product Moment Person dan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data dengan SPSS 23.0 for windows, diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh negatif antara intensitas penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa dengan rxy = -0,367, p= 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa dengan rxy = 0,637, p = 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif antara intensitas penggunaan media sosial dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar dengan R = 0,658, p = 0,000 < 0,05 dengan pengaruh sebesar R Square = 0,433.

Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah guru  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan perhatian terhadap siswa dan melibatkan siswa untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, sedangkan bagi peneliti lanjut diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini secara lebih mendalam.