SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Gadget, MinatBelajardan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2016/2017

Mohammad Taufikur Rokhman

Abstrak


ABSTRAK

 

Sukarno, Zulfikar Adilla. Pengaruh Penggunaan Gadget, Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang paling penting karena proses pembelajaran menentukan hasil pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa. Di dalam proses pembelajaran terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain: faktor internal, faktor eksternal dan faktor kelelahan. Namun di dalam penelitian ini berfokus terhadap faktor internal yaitu minat dan kecerdasan emosional serta faktor eksternal penggunaan gadget.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan gadget, minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen tahun ajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS di SMAN 1 Kepanjen yang berjumlah 128 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah proprotional random sampling dengan sampel berjumlah 97 siswa yang terdiri dari kelas XI IIS 1, XI IIS 2, XI IIS 3 dan XI IIS 4. Analisis data regresi linier berganda dalam penelitian ini menggunakan SPSS for Windows Version 23 dengan kriteria signifikasi 0,05.

Hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh positif antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2016/2017.(2) terdapat pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen pada tahun ajaran 2016/2017.(3) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen pada tahun ajaran 2016/2017.