SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Konsep Diri, Wawasan Masa Depan dan Literasi Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang.

Nur Fauziah

Abstrak


 ABSTRAK

 

Kata Kunci:Konsep Diri, Wawasan Masa Depan, Literasi ekonomi dan Minat    Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2.

Salah satu faktor kunci dalam persaingan era globalisasi terutama pada dunia kerja yang dibutuhkan adalah kesadaran akan kualitas sumber daya manusia. Pada penelitian ini sumber daya yang berkualitas dilihat dari tingkat strata perkuliahan, yaitu pada tingkat strata 2 (S2). Masalahnya, Tidak semua individu berminat dalam meningkatkan jenjang strata perkuliahan mereka, sehingga minat tersebut perlu di tumbuhkan oleh faktor lain yang mempengaruhinya sehingga ia menunjukkan sikap berminatnya terhadap sesuatu.

Pada penelitian ini, dalam peningkatan minat untuk melanjutkan pendidikan ke Strata 2 peneliti lebih menekankan pada bagaimana untuk meningkatkan minat dari segi Konsep Diri yang dimiliki oleh  masing-masing mahasiswa, bagaimana Wawasan Masa depan mahasiswa dalam memandang melanjutkan pendidikan ke strata 2 dan juga tingkat kemampuan ilmu dasar tentang literasi ekonomi/melek ekonomi yang ia tempuh selama di perkuliahan.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Pengaruh Konsep Diri, Wawasan Masa Depan dan Literasi Ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Strata 2 pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang bersifat kuantitatif deskriptif, dimana data diolah dalam bentuk angka dan kemudian dianalisis menggunakan Progam SPSS For Windows 22.0. sebelum terjun langsung ke penelitian, peneliti menguji terlebih dahulu instrumen yang akan disebarkan kepada responden yaitu meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Pada tahap penelitian analisis data, yang dimulai dari analisis statistik deskriptrif, Uji Asumsi klasik ( Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas), Uji Regresi Linier berganda dan uji hipotesis ( Uji t/parsial dan uji F/simultan), dan sumbangan efektif.

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Konsep Diri terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, dengan sumbangan efektif variabel Konsep diri terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke Starta 2 sebesar 29,76%.

Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Wawasan Masa Depan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, dengan sumbangan efektif variabel Wawasan Masa Depan Sebesar 19,57% .

Ketiga, Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara Literasi Ekonomi terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, dengan sumbangan efektif variabel sebesar 10,85%.

Keempat, Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Konsep Diri dan Wawasan Masa Depan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2, akan tetapi untuk Literasi Ekonomi secara signifikan negatif melemahkan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 yang artinya Literasi Ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 (S2) pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang.