SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pemberian Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Batu

Siska Susilowati

Abstrak


Hasil observasi awal di SMAN 1 Batu pada kelas X IPS 1, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih kurang memenuhi KKM yang sudah ditentukan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran ekonomi di kelas berpusat pada guru dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk bertanya sehingga dalam kegiatan pembelajaran tidak ada timbal balik antara guru dan siswa. Dalam pembelajaran, siswa cenderung tidak memperhatikan guru menjelaskan materi sehingga berakibat rendahnya pemahaman materi oleh siswa dan perolehan hasil belajar siswa dari hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Batu rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward.

Tujuan dari penelitian ini menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward pada mata pelajaran ekonomi dan apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan.

Hasil penelitian dari siklus I diperoleh berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa yaitu nilai pra kegiatan siklus I sebesar 37,17 dan rata-rata hasil belajar siswa paska kegiatan sebesar 71,02. Pada siklus II rata-rata nilai hasil siswa menunjukkan peningkatan yaitu perolehan rata-rata hasil belajar siswa pra kegiatan sebesar 53,07 dan rata-rata hasil belajar paska kegiatan sebesar 89,6. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas X IPS 1 SMAN 1 Batu dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. (2) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Batu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran ekonomi.

Saran yang dapat berikan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi guru dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward dapat digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan materi dimana siswa bisa mendemonstrasikan materi dan sebaiknya guru memanfaatkan waktu dengan baik, karena model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward membutuhkan waktu yang cukup panjang(2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya tidak hanya mengukur hasil belajar namun menambahkan variabel-variabel lain untuk menjadi penelitan yang lebih baik.