SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perpaduan Penerapan Metode Pemberian Tugas dan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Ekonomi Lintas Minat Kelas X IPA G/16 di SMAN 1 Singosari Tahun Ajaran 2016/2017

Rani Alan Krismayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Rani Alan Krismayanti. 2017. Perpaduan Penerapan Metode Pemberian Tugasdan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan HasilBelajar Siswa pada Matapelajaran Ekonomi Lintas Minat Kelas X IPAG/16 di SMAN 1 Singosari Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E, M.P, Ak.

 

Kata Kunci: Pemberian Tugas, Jigsaw, Hasil Belajar.

Hasil belajar merupakan pencapaian tindak belajar atau pengajaran yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. metode pemberian tugas dan resitasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar murid melakukan kegiatan belajar, kemudian harus dipertanggungjawabkannya. Pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah model pembelajaran kooperatif dimana siswa dituntut bekerja sama secara positif dimana setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari materi yang diberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik melalui metode pemberian tugas dan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam pembelajaran ekonomi pada kelas X IPA G/16 SMAN 1 Singosari.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi di setiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA G/16 SMAN 1 Singosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpaduan penerapan metode pemberian tugas dan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada matapelajaran ekonomi lintas minat terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 71,79% pada siklus 1 menjadi 82,05% dengan kriteria keberhasilan baik.

Guru dapat menerapkan Perpaduan penerapan metode pemberian tugas dan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada materi maupun kelas atau jenjang yang berbeda untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan syarat materi sesuai dengan karakteristik metode dan model pembelajaran.