SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Jigsawdan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi diKelas XI IPS 2SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

Yusuf Rizky Ramadhana

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhana, Yusuf Rizky. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. H. Sapir, S. Sos.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping, Keaktifan, Hasil Belajar.

Di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang, peserta didik dalam kegiatan belajar kurang terlibat aktif, akibatnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi rendah sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik yang masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan melihat kenyataan tersebut maka diperlukan perbaikan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan membuat suatu inovasi pada metode atau model pembelajaran yang berbeda. Maka guru dapat menggunakan inovasi metode atau model pembelajaran untuk menghidupkan keaktifan dan hasil belajar peserta dididk dikelas XI IPS 2. Upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi pada materi “APBN & APBD” di kelas XI IPS 2 diperlukan langkah-langkah penyelesaian untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan, salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif digunakan karena penelitian ini mencari informasi tentang suatu keadaan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang memiliki tahapan study dan rencana, ambil tindakan, mengumpulkan dan menganalisis bukti, dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi, catatan lapangan, dan soal Pre-test dan Post-test.

Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Berikut data hasil penelitian yang dilakukan: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping diterapkan dengan predikat baik sekali terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 80,06% menjadi 89,26%; 2) terjadi pada keaktifan peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 64,61% menjadi 74,91%; 3) Rata-rata peserta didik melalui Post-Test yaitu 71,48 meningkat menjadi 77,27. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen.