SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang

Intan Wauji Malasita

Abstrak


ABSTRAK

 

Malasita, Intan Wauji. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TwoStay Two Stray Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil BelajarMata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang.Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan EkonomiPembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Drs. H. Ach. Ali Wafa, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Talking Stick, Hasil

Belajar.

Pendidikan formal di sekolah merupakan interaksi aktif belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Pemilihan strategi, model dan metode yang tepat dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu adanya aktivitas yang tidak menunjang proses pembelajaran dan hanya sebagian siswa yang aktif dalam kegiatan presentasi sehingga siswa kurang memahami konsep materi yang berdampak pada hasil belajar dibawah KKM. Salah satu strategi yang digunakan dalam permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat memahami materi dengan baik serta menyenangkan.

Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dan TalkingStick yang menekankan siswa bekerja sama dalam kelompok untuk berbagi informasi yang dapat memudahkan siswa memahami materi pembelajaran serta membuat suasana kelas menyenangkan dengan pembelajaran Talking Stick.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan materi perpajakan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan subjek siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar observasi kegiatan guru, catatan lapangan, soal tes paska kegiatan dan respon siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan persentase keberhasilan siklus I sebesar 61,1% menjadi 86,1% pada siklus II. Keberhasilan peneliti dalam penerapan pembelajaran mendapatkriteria sangat baik dengan respon siswa yang positif sehingga disarankan bagi guru ekonomi agar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah aspek lain.