SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar dan Ketersediaan Sumber Belajar dirumah terhadap prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Mala

mochamad fatori

Abstrak


 Dalam proses belajar mengajar keberhasilan seoarang siswa dalam menguasai
mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar kalas XI IPS tidak lepas dari
faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor intern maupun
faktor ekstern. Salah satu faktor intern diantaranya adalah kebiasaan belajar dan
motivasi belajar. Selain kebiasaan belajar dan motivasi belajar, ketersediaan sumber
belajar dirumah juga turut ikut membantu siswa memahami dan menyerap suatu ilmu
sehingga pada waktu ujian dilaksanakan siswa sudah benar-benar siap.  
  Di dalam penelitian ini dilakukan di MAN Kota Blitar yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sumber
belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI
IPS MAN Kota Blitar. Untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal maka proses
belajarnya harus baik, artinya proses belajar tersebut harus tepat.  
  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif.
Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam
penelitian ini meliputi kebiasaan belajar (X1), motivasi belajar (X2), ketersediaan
sumber belajar dirumah (X3) dan prestasi belajar siswa (Y). Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Kota Blitar tahun ajaran 2008/2009
yang berjumlah 280 siswa dan tersebar menjadi 7 kelas. Karena besarnya jumlah
populasi maka dalam penelitian diambil sampel masing-masing kelas 25% sehingga
jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data
adalah angket dan dokumentasi.     
  Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa MAN
Kota Blitar dari 70 siswa yang diteliti 39 siswa kebiasaan belajarnya baik, 21 siswa
kebiasaan belajarnya kurang baik dan 10 siswa kebiasaan belajarnya sangat baik.
Dalam varibel motivasi belajar siswa MAN Kota Blitar dari 70 siswa yang diteliti 48
siswa mempunyai motivasi belajar yang baik, 15 siswa motivasi belajarnya sangat
baik dan 7 siswa motivasi belajarnya kurang baik. Sedangkan ketersediaan sumber
belajar dirumah dari 70 siswa MAN Kota Blitar 43 siswa mempunyai ketersediaan
sumber belajar dirumah baik, 14 siswa mempunyai ketersediaan sumber belajar
dirumah sangat baik dan 13 siswa mempunyai ketersediaan sumber belajar dirumah
kurang baik.         
  Saran dalam penelitian ini semoga bagi kepala sekolah dapat digunakan
sebagai masukan dalam pengambilan kebijakan untuk kepentingan peningkatan
kualitas pendidikan di MAN Kota Blitar, dengan memperhatikan pengaruh Kebiasaan
belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dirumah siswa terhadap
prestasi belajar yang dicapai siswa. Serta bagi guru bidang Studi dapat dijadikan
masukan untuk memperoleh gambaran tentang kondisi siswa sehingga guru dapat
menentukan langkah selanjutnya guna meningkatkan mutu pengajaranya.