SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang Memengaruhi Masyarakat dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah

Elanna Heidi Christanti

Abstrak


 

ABSTRAK

Christanti, Elanna Heidi. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Mengunakan Jasa Perbankan Syariah. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Keuntungan, Ketersediaan ATM, Agama, Penggunaan Jasa Perbankan Syariah

Munculnya perbankan syariah dengan ciri khas bebas bunga saat ini menjadi alternatif sistem keuangan yang potensial. Walaupun terbilang masih baru, namun perkembangan perbankan syariah di seluruh dunia terus meningkat dan dapat bersaing secara kompetitif dengan perbankan konvensional. Perbankan syariah ini tidak hanya ditujukan untuk kaum Muslim saja, namun juga non-Muslim. Perbankan syariah telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan dan pada jangka panjang tentu diharapkan akan dapat berkontribusi pada perekonomian secara signifikan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi Masyarakat dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori perilaku konsumen. Variabel independen pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan, keuntungan, ketersediaan ATM, serta agama, sedangkan variabel dependen yang digunakan yaitu penggunaan jasa perbankan syariah.

 Penelitian ini mengunakan pendekatan dengan metode campuran, pendekatan kuantitatif untuk menguji variabel kualitas pelayanan, keuntungan, dan ketersediaan ATM, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi variabel agama. Data diambil secara langsung dengan teknik insidental sampling  dengan membagikan kuisioner pada  60 nasabah Masyarakat, serta melakukan wawancara mendalam pada 2 orang nasabah  Muslim dan 2 orang nasabah non-Muslim yang merupakan nasabah bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah di kecamatan Klojen, kota Malang. Data kuantitatif diolah dan dianalisis dengan regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS 16.0 for windows sedangkan data kualitatif diolah dengan menggunakan teknik triangulasi.

Hasil dari penelitian ini penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keuntungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan jasa perbankan syariah karena aspek kualitas pelayanan yang berupa tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan emphaty berkaitan dengan kepuasan nasabah, demikian pula dengan keuntungan yang disebabkan tidak adanya sistem bunga (riba), adanya DPS, adanya nisbah bagi hasil, biaya administrasi yang rendah, serta sistem keuangan yang stabil terhadap gejolak krisis. Ketersediaan ATM berpengaruh positif namun tidak signifikan, disebabkan karena telah banyak fasilitas alternatif pengganti yang memiliki fungsi serupa ATM. Sedangkan variabel agama tidak berpengaruh terhadap penggunaan jasa perbankan syariah oleh karena faktor kualitas pelayanan dan keuntungan menjadi hal utama yang lebih dipertimbangkan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah.