SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS 1 SMAN 7 KEDIRI Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

Ardy Dwi Wijayanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanto, Ardy Dwi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS 1 SMAN 7 KEDIRI Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurasan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sapir, S.Sos, M.Si

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), kreativitas, dan hasil belajar.

Berdasarkan observasi di kelas XII IPS 1 SMAN 7 Kediri pada tanggal 11 November 2016, peneliti menilai suasana kelas kurang kondusif, dikarenakan siswa di kelas tersebut banyak yang kurang memperhatikan ibu guru dalam menyampaikan materi. Siswa ada yang melamun, mengobrol dengan teman sebangkunya, dan bermain hp hingga pelajaran ekonomi berakhir. Hal ini yang membuat siswa kurang menguasai materi. Untuk mengatasi permasalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang kreatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kreatif dan mampu meningkatkan hasil belajar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 SMAN 7 Kediri yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari  21 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa data penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kreativitas siswa, dan hasil belajar siswa.  Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kreativitas siswa, soal tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 SMAN 7 Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan adanya presentase rata-rata kemampuan kreativitas siswa  meningkat sebesar 16,66% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa  juga meningkatdilihat dari klasikal ketuntasan belajar siswa yang meningkat sebesar 19,04%dari siklus I ke siklus II.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGTdapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMAN 7 Kediri. Guru mata pelajaran ekonomi yang ingin meningkatkan kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.