SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK BRI SYARIAH KCP LAWANG

Benny Sanjaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Sanjaya, Benny. 2016. Analisis Sikap dan Minat Nasabah dalam Menabung diBank BRI Syariah KCP Lawang. Skripsi. Program Studi EkonomiPembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: sikap dan minat, menabung, theory of planned behavior.

Perbankan syariah telah menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga keuangan bank yang tahan terhadap krisis. Hal ini terbukti bahwa pada tahun 1998 bank syariah tidak terkena dampak dari krisis tersebut. Karakteristik perbankan syariah yang menghapuskan sistem bunga menjadi nirbunga yaitu dengan sistem bagi hasil sesuai syariat Islam. Namun, market share dari perbankan syariah masih kecil jika dibandingkan dengan perbankan konvensional. Data Statistik Perbankan Syariah Juli 2016 menunjukkan bahwa terjadi penurunan BUS dan UUS dari 2513 menjadi 2127. Ditambah lagi dengan FDR Bank Syariah dari 2008-2016 berada pada angka 90 persen-an. Tingginya angka FDR tersebut menunjukkan bahwa dana pihak ketiga (DPK) tidak dapat memobilisasi pembiayaan dalam bank syariah. Sehingga perlu adanya usaha untuk peningkatan DPK tersebut. Usaha peningkatan tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan cara mengetahui preferensi nasabah mengenai sikap dan minatnya dalam menabung di Bank Syariah. Motif nasabah dalam menabung didasari sikap dan minat. Teori untuk mengukur Sikap dan minat nasabah telah lama dikembangkan oleh Icek Ajzen, theory of planned behavior (TPB). Teori tersebut merupakan pembaharuan dari theory of reasoned action (TRA). TPB memiliki tiga anteseden yaitu attitudes toward behavior, subjective norms, dan perceived behavioral control. Ketiganya secara intensional akan mendorong terwujudnya suatu perilaku.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap dan minat nasabah dalam menabung di bank BRI Syariah KCP Lawang dengan menggunakan anteseden dalam theory of planned behavior. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Bank BRI Syariah KCP Lawang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah yang menabung. Data yang digunakan merupakan data primer sikap dan minat nasabah yang didapatkan secara faktual melalui observasi, wawancara mendalam dan kuisioner.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan minat nasabah dalam menabung di bank BRI Syariah KCP Lawang didapatkan hasil bahwa dari perspektif latar belakang responden dipengaruhi oleh empat faktor yaitu, kepemimpinan, orang terdekat, orientasi dan latar belakang keluarga. Sedangkan dari theory of planned behavior dipengaruhi oleh tiga anteseden yaitu, attitudes toward behavior, subjective norms, dan perceived behavioral control. Terwujud dalam pengetahuan agama, kenyamanan, sugesti, kepatuhan dan keterjangkauan akses. Faktor yang paling dominan dalam penentu sikap dan minat dari kedua sudut pandang adalah agama dan pengaruh keluarga. Hal ini menyangkut sesuatu hal yang diyakini dan dilakukan serta harapan dan tuntutan orang-orang berpengaruh yang turut mendorong.