SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Malang

Nur Hidayah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayah, Nur.2017.Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL)  Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Hj Sri Umi Mintarti W. S.E., M.P., Ak.

 

Kata Kunci : Group Investigasi (GI), Problem Based Learning (PBL), hasil belajar

Pembelajaran Group Investigation adalah salah satu model pembelajaran yang komplek sebab dalam pelaksanaanya memadukan beberapa landasan pemikiran, yaitu berdasarkan pandangan konstruktivistik, democratic teaching, dan kelompok belajar kooperatif. Pembelajaran tersebut akan menuntut peran siswa untuk lebih aktif daripada guru. Problem based learning adalah pembelajaran yang mana guru akan memberikan masalah kepada siswa yang harus dicari solusinya, yang dalam penyelesaiannya harus berdasar pada teori yang sudah dipelajari sebelumnya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Problem Based Learning (PBL)  terhadap hasil belajar siswa kelas XI PM 3 SMK Negeri Malang. Penelitian ini dengan rancangan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan melalui 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitiannya ialah siswa XI PM 3 berjumlah 32 siswa, terdiri dari 29 siswi dan 3 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Problem Based Learning (PBL)  mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75% menjadi 91,87% di siklus II. Sedangkan rat-rata hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,78 menjadi 85 di siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Problem Based Learning (PBL)  mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Sehingga dengan demikian model tersebut cocok diterapkan di kelas XI PM 3 SMK Negeri 1 Malang.

Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada  guru  Guru hendaknya guru menerapkan pembelajaran yang memang menarik dan membuat siswa memiliki semangat yang lebih untuk belajar dan tentunya belajar yang berpusat pada siswa (Student Centered). Penelitian ini hendaknya dikembangkan oleh peneliti lain menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas  lagi dan selalu berusahalah maksimal demi hasil yang jauh lebih baik daripada ini.