SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Pemahaman Nilai-nilai Islam terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Merjosari dalam menghadapi Persaingan Usaha

Anisa Aditya Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Anisa Aditya. 2017. Pengaruh Tingkat Pemahaman Nilai-nilai Islam terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Merjosari dalam menghadapi Persaingan Usaha. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: nilai-nilai Islam, perilaku bisnis, pedagang, pasar tradisional, persaingan usaha

Tingkat pemahaman nilai-nilai Islam dibagi menjadi lima dimensi, yaitu tauhid, khilafah, ibadah, tazkiyah, dan ihsan. Kegiatan perdagangan bertujuan untuk memperoleh pendapatan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang kompleks. Kegiatan perdagangan dalam kegiatan masyarakat merupakan kegiatan yang vital, yang terjadi ditengah berbagai tingkat lapisan masyarakat. Timbulnya berbagai jenis usaha dengan tujuan yang sama kemudian melatarbelakangi terjadinya persaingan usaha. Pedagang dalam melakukan kegiatan usahanya dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik sehingga memiliki perilaku yang berbeda dalam menghadapi persaingan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman nilai-nilai Islam terhadap perilaku bisnis pedagang Pasar Merjosari dalam menghadapi persaingan usaha.

Peneliti memilih Pasar Penampungan Merjosari sebagai lokasi penelitian dan menjadikan pedagang muslim yang berjualan dalam lingkup pasar penampungan Merjosari sebagai populasi dan sampel. Jumlah populasi adalah sebesar 699 orang pedagang. Dalam pemilihan sampel menggunakan metode aksidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 87 orang pedagang.  Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) uji normalitas, (4) uji asumsi klasik, (5) uji regresi linear berganda, (6) uji t, (7) uji F, dan (8) uji koefisien beta.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman nilai-nilai Islam dimensi tauhid, khilafah, ibadah, tazkiyah, dan ihsan mempunyai pengaruh yang positif signifikan baik secara parsial maupun simultan. Tingkat pemahaman nilai-nilai Islam dimensi khilafah mempunyai pengaruh yang paling kuat/ dominan.

Penelitian ini memberikan saran kepada pedagang untuk lebih menerapkan konsep nilai-nilai Islam dalam kegiatan perdagangan, kepada pihak pasar agar menjadi lebih terbuka kepada pihak yang membutuhkan informasi, dan kepada peneliti selanjutnya agar memperluas variabel dan indikator yang diteliti.