SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Usaha Tani dan Fakto-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Petani Kentang (Studi Kasus Kecamatan Bumiaji Kota Wisata batu)

Rachman Hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Hidayat, Rachman. 2015.Analisis Ekonomi Usahatani dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan  petani kentang (Studi Kasus Kecamatan Bumiaji Kota Wisata Batu), Skripsi, Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Hari Wahyono , M.Pd. (II) Dr. Dwi Wulandari S.E, M.M.

 

Kata Kunci: Usaha Tani, Tani, Pendapatan Petani,Kota Malang

 

Tanaman kenyang berasal dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk kecamatan Bumiaji sejak bertahun-tahun silam. Taman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan cocok pada iklim yang sejuk. Di daerah tropis khususnya dataran tinggi seperti daerah lereng pegunungan seperti daerah dusun Junggo desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Di Kecamatan Bumiaji petani kentang memounyai keunggulan bibit dan teknik cara penanaman yang cukup efektif dalam meningkatkan hasil pertanian kentang.

       Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Jenis ini penelitian yang digunakan untuk meneliti analisis ekonomi usaha tani dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani kentang adalah jenis penelitian stusi kasus yaitu dengan eksplorasi faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pendapatan petani kentang, objek penelitiannya ialah petani kentang Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

       Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis kegiatan ekonomi di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu menunjukkan bahwa dalam memenuhi kehidupan sehari-hari petani kentang menggantungkan hidupnya pada usaha pertanian. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani Dusun Junggo, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji yaitu modal, luas lahan, pendidikan dan tenaga kerja.

       Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan Pemerintah Daerah dan Dinas Pertanian dan Kehutanan, dapat mengeluarkan kebijakan yang mensejahterahkan pendapatan petani secara merata. Bagi petani kentang diharapkan agar dapat mengetahui dan mengerti analisis kegiatan ekonomi dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pendapatan petani dengan menggunakannya secara baik agar petani dapat menigkatkan pendapatan.