SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Return On Equity (ROE), Debt To Equity Ratio (DER), dan Dividen Payout Ratio (DPR) Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2014

Renni Novianti Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Price earning Ratio (PER) pada sektor perbankan. bank dan jasa keuangan lainnya beroprasi pada lingkungan yang sangat teregulasi karena kondidi perekonomian sangat dipengaruhi oleh kondisi sektor keuangan. selain itu, perbankan memiliki banyak stakeholder antara lain investor, pemegang saham, masyarakat yang menyimpan dana di bank, kreditor dan pemerintah yang ,menyebabkan meningkatnya nilai perusahaan sektor perbankan.

Penelitian didasarkan pada theorysignaling yang menjelaskan sinyal suatu tindakan yang diambil oleh manajemen untuk memberikan petunjuk kepada investor mengenai prospek perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ROE, DER, dan DPR terhadap PER. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 42 bank tahun 2012-2014. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Banyaknya sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sejumlah 31 bank. Analisis data menggunakan uji regresi berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel independen, ROE dan DPR dan tidak berpengaruh terhadap PER. Variabel DER berpengaruh terhadap PER. Tidak adanya pengaruh dari ROE dan DPR dalam penelitian ini karena adanya kelemahan-kelemahan dalam laporan keuangan dan karena pembagian dividen yang besar tidak serta merta menarik minat investor

Berdasarkan hasil penelitian, bagi penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah sektor yang lain dan menggunakan periode yang lebih panjang, memperbanyak jumlah sampel serta tahun yang berbeda untuk mendapatkan hasil keputusan yang tepat serta menyeluruh.