SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA PADA WARGA DESA RINGINPITU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Ratih Puspitasari Yasika

Abstrak


ABSTRAK

 

Yasika, Ratih Puspitasari. 2017. Analisis Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Pada Warga Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA.

Kata Kunci: Pendapatan, jumlah anggota rumah tangga, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pola konsumsi

            Konsumsi merupakan kebutuhan dasar manusia untuk melangsungkan hidup. Nilai perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga untuk membeli berbagai jenis kebutuhannya dalam satu tahun dinamakan pengeluaran konsumsi rumah tangga. Pengeluaran konsumsi rumah tangga pada beberapa negara masih menjadi andalan utama dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi kerena kontribusinya yang cukup besar dalam pembentukan PDB yaitu meliputi 60 hingga 70 persen dari pendapatan nasional.

            Pengeluaran konsumsi antar rumah tangga berbeda satu sama lain, namun terdapat pola keteraturan umum dalam cara orang mengalokasikan uang mereka untuk membeli makanan, pakaian, dan barang-barang pokok lainnya. Sehingga terbentuklah pola dalam pengeluaran konsumsi rumah tangga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sosial ekonomi yaitu pendapatan, jumlah anggota rumah tangga, pendidikan serta jenis pekerjaan kepala rumah tangga terhadap pola konsumsi rumah tangga warga Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuisioner serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait yaitu warga Desa Ringinpitu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga Desa Ringinpitu, dimana untuk menentukan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Sedangkan untuk pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan Software SPSS 16.0 for windows.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah pendapatan rumah tangga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Variabel jumlah anggota rumah tangga berpengaruh positif signifikan terhadap pengeluaran konsumsi kebutuhan primer namun negatif dan signifikan terhadap konsumsi kebutuhan sekunder dan tersier. Selanjutnya variabel tingkat pendidikan kepala rumah tangga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengeluaran konsumsi kebutuhan primer serta negatif dan tidak signifikan terhadap konsumsi kebutuhan sekunder dan tersier. Terakhir variabel jenis pekerjaan kepala rumah tangga positif dan tidak signifikan terhadap pengeluaran konsumsi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Secara bersama-sama jumlah pendapatan, jumlah anggota rumah tangga, tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan kepala rumah tangga berpengaruh signifikan terhadap konsumsi kebutuhan primer, sekunder maupun tersier.