SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Mengunakan Jasa Asuransi Syariah Pada PT. AJS Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang

marta fitria puspitasari

Abstrak


                                                        ABSTRAK

Sari, Marta Fitria Puspita. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Keputusan Nasabah Dalam Mengunakan Jasa Asuransi  Syariah Pada PT. AJS Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang. Skripsi, Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, SE.,MM.

 

Kata Kunci: Asuransi Syariah, Budaya, Psikologi, Pribadi, Sosial, 7P

 

Pada masa krisis ekonomi hampir semua lembaga keuangan mengalami  kesulitan keuangan. Lain halnya dengan lembaga keuangan syariah yang mampu bertahan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh Bank Muamalat dan Takaful Indonesia. Dengan tingkat kepercayaan masyarakat akan  asuransi syariah terlihat  minat masyarakat untuk memutuskan berasuransi di asuransi syariah yang merupakan cabang dari konvensional. Setiap asuransi syariah mempunyai strategi sendiri untuk menarik nasabah dengan berbagai produk dan fasilitas asuransi syariah. Perluasan bauran untuk jasa sendiri dari 7P: Produk, Price, Place, Physical Evidence, Process, People, dan Promotion yang lebih menekankan bahwa didalamnya terdapat unsur syariat Islam. Selain bauran pemasaran sebagai faktor eksternal terdapat faktor sosial yang terdiri dari keluarga dan kelompok rujukan. Ditunjang juga dengan faktor internal berupa faktor budaya, psikologi, dan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa asuransi syariah pada PT. AJS Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang baik faktor eksternal maupun internal.

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitataif dengan jenis penelitian fenomenologi. Populasi penelitian ini adalah nasabah PT. AJS Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang dengan metode penentuan sampel berupa  purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di PT. AJS Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang  Jl. Tumenggung Suryo 143 B Kota Malang Jawa Timur dengan mewawancarai 5 nasabah sebagai responden dan kepala cabang sebagai informan.

 

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menujukkan bahwa faktor internal berupa faktor budaya yang terdiri dari kelas sosial. Faktor psikologi yang berupa motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap. Faktor internal yang terakhir yaitu faktor pribadi yang berupa usia, jenis pekerjaan, dan tingkat pendapatan. Faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu faktor sosial yang terdiri dari keluarga dan kelompok referensi. Process, People, Price, Product, dan Promotion yang memiliki unsur syariat Islam lebih berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa asuransi syariah, sedangkan Place dan Physical Evidence tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa asuransi syariah pada pada PT. AJS Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang.