SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS 2 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017

Ainur Rofiq Hidayatullah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayatullah,Ainur, Rofiq. 2017.Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS 2 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang  Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing : (1) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif STAD. Keaktifan Belajar. Hasil Belajar.

Penulis melakukan observasi  kelas X IPS yang telah dilaksanakan di SMAN 1 Turen Kabupaten Malang, diketahui bahwa selama ini dalam proses pembelajaran siswa pasif hanya mendengarkan yang dijelaskan guru. Berdasarkan wawancara dengan ibu Etika Dewi Rahmawati selaku guru mata pelajaran ekonomi kelas X dijelaskan bahwa hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan maka perlu dilakukan perubahan mendasar yang dimulai dari proses pembelajaran. Metode kooperatif teknik STAD dapat membantu siswa untuk meningkatkan keaktifan dikelas untuk selalu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus setiap siklus 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini kelas X IPS 2 dengan jumlah 33 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini Bank Sentral Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan januari 2017. Instrumen penelitian ini lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD, secara umum dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan rata-rata keaktifan siswa siklus 1 62,40 %  dan Siklus II 79,31%. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siklus 1 45,45% dan siklus II 90,32%.

Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah sebagai berikut: (1) Guru mata pelajaran ekonomi dapat menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD agar keaktifan dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan mengembangkan variasi-variasi yang lain dalam pelaksanaan pembelajaran agar hasil penelitian yang diperoleh lebih baik lagi.