SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Brawijaya Smart School Malang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017

Nur Ummi Kulsum

Abstrak


ABSTRAK

 

Kulsum, NurUmmi, 2017. Penerapan Model PembelajaranMind MappinguntukMeningkatkankreativitasdanHasilBelajarSiswaKelas X IPS 2 Pada Mata PelajaranEkonomi di SMA Brawijaya Smart School Malang Tahunpelajaran 2016/2017. JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. H. Sapir, S.Sos, M.Si.

 

Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas, HasilBelajar

Seorang guru untukmenciptakanhasilpembelajaran yang baikdansesuaidengantujuanmakadiperlukanupayadengancaramemperhatikanpolabelajarsiswa, menguasaimateripelajaran, memilihsuatu model pembelajaran yang tepatdantidakmembosankanataumonotonsertamelakukan proses pembelajaran yang efektif. Guru harustelitidalampenerapan model pembelajaran di dalamkelas. Kegiatanpembelajaran di SMA Brawijaya Smart School Malang khususnyadikelas X IPS 2 menunjukkanbahwapembelajaranmasihbersifatkurangefektifsehinggamenimbulkankondisi yang kurangkondusif yang mengakibatkansiswakurangantusiasmengikutipembelajarandanjugasulituntukmemahamimateripelajaran.

Model pembelajaranMind Mapping dalampenelitianiniadalahpembelajaraninovatifuntukmemperbaikiteknikmencatattradisional yang menuntutsiswamembuatmind mappingsecarakreatifdalamkelompokkecilsecaraheterogen yang beranggotakan 4 sampai 5 orang siswadenganmelibatkanperpaduankerjaotakkanandanotakkiri. Mind mappingberisikan ide utamadangambarutama yang ditulismenggunakan kata kunci yang dihubungkanmelaluicabangdenganwarna yang berbedasertamenggunakangambar yang menarik. Mind mappingdikerjakansecaraindividukemudiandipresentasikan.

Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuibahwapenerapan model pembelajaranMind Mappingmampumeningkatkankreativitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas X IPS 2 di SMA Brawijaya Smart School Malang. PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) sehinggakehadirandanperanpeneliti di lapangansangatdiperlukan. Data daripenelitianinidikumpulkanmelaluilembarobservasi, dokumentasi, catatanlapangan, soal test.

Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukankelas X IPS 2 di SMA Brawijaya Smart School Malang dapatdiketahuibahwa: (1) Penerapan model pembelajaranMind Mappingmampumeningkatkankreativitassiswapadamatapelajaranekonomi. (2) Penerapan model pembelajaranMind Mappinguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomi.

Saran yang bisadiberikandalampenelitianiniadalah: (1) Bagi guru, bagi guru matapelajaranEkonomi agar menerapkan model pembelajaranMind Mapping sebagaialternatif model pembelajaran yang tepatuntukmeningkatkankreativitasbelajardanhasilbelajarsiswa.(2) Bagisiswa, dapatbelajardengangiatdanberanimengungkapkanpendapatnyauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. (3) BagiPenelitilain, disarankandapatdijadikansebagaireferensidandiharapkanselainmenelititentangkreativitasdanhasilbelajarsiswajugamenelititentangkemampuanberkarakterlainnyasepertikemampuanberpikirkritis.