SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Modernitas Individu, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Ekonomi Siswa Kelas X IIS di SMA Negeri 8 Malang

siti dewi wahyunis.

Abstrak


Rasionalitas ekonomi adalah sikap atau perilaku yang tepat dalam mencapai tujuan ekonomi dengan keterbatasan dan hambatan tertentu untuk mencapai penggunaan dan kepuasan. Dalam kegiatan ekonomi rasional dalam hal ini dinilai melalui tindakan konsumsi. Konsumen yang rasional akan melakukan pembelian dengan dasar ekonomis menunjukkan bahwa keputusan melakukan pembelian didasarkan akan pertimbangan ekonomis yang rasional dan sadar sehingga mendorong seseorang memilih produk atau jasa yang mempunyai kegunaan besar.

Tingkat rasionalitas dalam melakukan tindakan ekonomi dalam hal ini konsumsi tersebut dipengaruhi oleh tingkat modernitas individu, status sosial ekonomi orang tua dan pergaulan teman sebaya. Modernitas yang tinggi, status sosial ekonomi orang tua yang tinggi dan intensitas pergaulan dengan teman sebaya yang baik dan positif membentuk perilaku ekonomi siswa yang baik pula, yaitu perilaku konsumsi yang rasional dan efisien.

Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Kelas X IIS di SMA Negeri 8 kota Malang yang berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh 80 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden melalui penyebaran angket yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan modernitas individu terhadap rasionalitas ekonomi siswa, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas ekonomi siswa, (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara modernitas individu, status sosial ekonomi orang tua dan pergaulan teman sebayaterhadap rasionalitas ekonomi siswa.Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian adalah: (1) Bagi sekolah, hendaknya menyeleksi penyerapan iptek yang dapat meningkatkan keberhasilan siswa. (2) Bagi Guru, hendaknya tidak membeda-bedakan siswa dari status sosial ekonomi keluarganya akan tetapi lebih memperhatikan kompetensisiswa terutama bidang ekonomi sepertiselalu menanamkan sikap rasional. (3) Bagi orang tua,senantiasa mengawasi dan mengontrol anak dalam dalam menggunakan uang yang di miliki. (4) Bagi siswa, lebih rasional lagi dalam setiap melakukan kegiatan ekonomi terutama dalam berkonsumsi.