SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ajaran Ki Hajar Dewantara Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Taman Siswa (Taman Madya)

Rizqi Hamdani

Abstrak


ABSTRAK

 

Hamdani, Rizqi. 2009. "Pengaruh Ajaran Ki Hajar Dewantara Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang". Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si. (II) Drs. Mardono. M.Si.

 

Kata Kunci : Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, Hasil Belajar.

 

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam  perkembangan anak didik yang diharapkan menjadi manusia Indonesia seutuhnnya sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia yang nantinya akan menentukan pembangunan bangsa ini. Namun untuk membangun Indonesia tidak hanya dibutuhkan kecerdasan intelektual saja tetapi juga dibutuhkan keseimbangan semua aspek. Salah satu sistem pendidikan yang menyeimbangkan semua aspek adalah dengan mengintegrasikan ajaran Ki Hajar Dewantara ke dalam proses belajar mengajar

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh ajaran Ing ngarsa sung tuladha terhadap hasil belajar siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang. (2) Mengetahui pengaruh ajaran Ing madya mangun karsa terhadap hasil belajar siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang. (3) Mengetahui pengaruh ajaran tut wuri handayani terhadap hasil belajar siswa Tamansiswa (Taman Madya) Malang. (4) Mengetahui pengaruh simultan ajaran Ki Hajar Dewantara (Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani) terhadap hasil belajar SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang. Pengambilan sample menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi nilai. Data dianalisis dengan teknik prosentase, korelasi, dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 13.0 for windows.

Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang ajaran ing ngarsa sung tuladha (X1) terhadap hasil belajar siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang dengan nilai regresi sebesar 0.3025 atau 30.25%,  hubungan antara persepsi siswa tentang ajaran ing madya mangun karsa dan hasil belajar siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang dengan nilai regresi sebesar 0.1953 atau 19.53%, hubungan antara ajaran persepsi siswa tentang tut wuri handayani dan hasil belajar siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang dengan nilai regresi sebersar 0.1108 atau 11.08%. Terdapat hubungan simultan antara ajaran persepsi siswa tentang Ki Hajar Dewantara (ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani) dan hasil belajar siswa SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.559 atau 59.9%

Dengan penerapan ajaran Ki Hajar Dewantara dengan cara diintegrasikan dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat menaikkan hasil belajar siswa ke level yang lebih tinggi atau istimewa.