SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Rumah Tangga, Tingkat Pendidikan Kepala Keluarga dan Jumlah Anak Sekolah Terhadap Tingkat Konsumsi Rumah Tangga Petani Padi dan Tembakau di Desa Sumberagung, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro.

heru . novianto

Abstrak


Kesejahteraan masyarakat dapat dikatakan meningkat apabila pemenuhan kebutuhan masyarakat juga meningkat. Dalam rumah tangga yang merupakan unit terkecil dalam masyarakat, dapat dikatakan bahwa kesejahteraan rumah tangga berarti kesejahteraan masyarakat. Alasan untuk menganalisis tingkatkonsumsi rumah tangga, kita dapat melihat dan menilai seberapa besar kesejahteraan masyarakat khususnya rumah tangga petani saat ini. Desa Sumberagung adalah sebuah desa yang mayoritas masyarakatnya mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utamanya.

Penelitian ini adalah adalah penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap konsumsi rumah tangga petani dengan menggunakan model regresi linear berganda. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputerMicrosoft Excel dan SPSS 23 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendapatan memiliki nilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (4,437 > 2,060). Faktor jumlah anggota rumah tangga memilikinilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (5,406 > 2,060). Faktor tingkat pendidikan kepala keluarga memiliki nilai statistik uji thitung tersebut lebih kecil daripada ttabel (1,941 < 2,060). Sedangkan faktor jumlah anak sekolah memiliki nilai statistik uji thitung tersebut lebih kecil daripada ttabel (1,859 < 2,060).

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendapatan dan jumlah anggota rumah tangga berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat konsumsi rumah tangga petanisedangkan tingkat pendidikan kepala keluarga dan jumlah anak sekolah berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat konsumsi rumah tangga petani. Namun secara serentak pendapatan, jumlah anggota rumah tangga, tingkat pendidikan kepala keluarga dan jumlah anak sekolah berpengaruh terhadap tingkat konsumsi rumah tangga petani di Desa Sumberagung, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro.