SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

AALASAN KETERTARIKAN SISWA KELAS X MIA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PEMINATAN DI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Luhur Adhika

Abstrak


Faktor-faktor yang membuat ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi peminatan adalah faktor guru, bahan pelajaran, media pembelajaran, dan fasilitas penunjang di sekolah. Dengan demikian siswa merasa senang dalam belajar sehingga dapat menambah pengetahuan pada mata pelajaran ekonomi peminatan

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alasan yang mendukung faktor-faktor yang membuat siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2 tertarik pada mata pelajaran ekonomi peminatan di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung jika dilihat dari faktor guru, faktor bahan pelajaran, faktor media pembelajaran, dan faktor fasilitas pendidikan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2.Dalam penelitian ini data yang diambil dengan menggunakan teknik berupa observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alasanketertarikan siswa pada  mata pelajaran ekonomi peminatan bila dilihat dari faktor guru tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan cara mengajar guru yang santai dan enak dan guru selalu mengaitkan materi yang sedang dijelaskan dengan kehidupan sehari-hari. Ketertarikan siswa juga disebabkan karena guru menggunakan sistem point berupa nilai tambahan nilai bila siswa berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Persepsi ketertarikan siswa pada bahan pelajaran juga tergolong tinggi. Siswa mengatakan bahwa selama ini materi yang ada dalam mata pelajaran ekonomi peminatan sangat menarik bagi mereka, karena isi materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Oleh karena itu siswa selalu membawa buku paket dan membacanya.  Dari metode pelajaran, siswa tertarik jika guru menggunakan metode tanya jawab dan diskusi. Kemudian dari segi media pembelajaran, siswa mengatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan saat pelajaran berlangsung sangat menarik, mereka lebih tertarik jika guru menggunakan media power point dengan video. Dari segi fasilitas pendidikan, siswa mengatakan bahwa fasilitas pendidikan yang ada disekoah sangat membuat mereka tertarik, karena fasilitas yang tersedia membuat mereka nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga membuat siswa mudah dalam menangkap isi materi yang disampaikan oleh guru.

 

Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyarankan supaya cara mengajar guru yang disukai oeh siswa semakin ditingkatkan lagi, hal itu bertujuan supaya siswa menjadi semakin tertarik dalam belajar. Grur juga perlu menambah kreatifitas dalam penggunaan metode dan media pembelajarannya. Dalam hal media pembelajaran, guru sebaiknya terus mempertahankan penggunaan media supaya siswa semakin tertarik untuk belajar. Keberadaan fasilitas belajar yang ada disekolah juga perlu ditingkatkan lagi, sehingga menciptakan rasa nyaman dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang kedepannya bisa menambah rasa tertarik siswa pada mata pelajaran khususnya ekonomi peminatan.