SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KETERLAMBATAN PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA ANGKATAN 2012 (Studi Kasus di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

Evi Nur Aslinawati

Abstrak


Penelitian ini berangkat dari permasalahan banyaknya mahasiswa yang mengalami keterlambatan kelulusan karena tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu.Skripsi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa tingkat akhir dan dipertanggungjawabkan keilmiahannya di depan dosen penguji sesuai dengan bidang keilmuan yang diambil.Selama proses pengerjaan skripsi, sering kali mahasiswa menghadapi kesulitan-kesulitan yang menghambatnya dalam menyelesaikan skripsi. Sehingga, tidak jarang apabila skripsi ini menjadi penyebab utama mahasiswa tidak bisa menyelesaikan studinya tepat waktu(4 tahun).Apabila hal ini terus berlanjut, dikhawatirkan akan merugikan mahasiswa dan mengganggu sistem pendidikan di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (EKP-FE UM). Untuk itu, perlu dilakukan penelitian guna mengetahuialasan terjadinya keterlambatan penyelesaikan skripsi oleh mahasiswa jurusan EKP-FE UM.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan EKP-FE UM, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengolahan data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan keterlambatan penyelesaian skripsi mahasiswa Jurusan EKP-FE UM. Faktor internal yang meliputi faktor kesehatan, lemahnya motivasi, minat, tingkat kecerdasan IQ, SQ, AQ, dan EQ, kesulitan dalam menentukan topik/permasalahan penelitian, kesulitan dalam mengumpulkan data dan menganalisis data penelitian, pengalaman dalam menulis kerya tulis ilmiah, bekerja, aktif organisasi, serta rendahnya kemampuan siswa dalam manajemen waktu. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi ketersediaan referensi, relasi antara dosen dengan mahasiswa, dan lingkungan teman sebaya.

 

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dosen pembimbing hendaknyamenyediakan waktu bimbingan sesuai dengan yang telah disepakati oleh mahasiswa, agar proses bimbingan skripsi dapat lebih terstruktur. Bagi pihak Universitas Negeri Malang, peneliti mengharapkan adanya peningkatan dan meng-update kembali pembendaharaan kepustakaannya. Sedangkan bagi mahasiswa tingkat akhir, peneliti sarankan agar mahasiswa dapat terus memupuk semangatnya dalam mengerjakan skripsi, tidak gampang menyerah, dan lebih bisa memanajemen waktu, sehingga berbagai hambatan atau kendala dalam menyelesaikan skripsi ini dapat di selesaikan dengan baik.