SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN LESS CASH SOCIETY DALAM SISTEM PEMBAYARAN (Studi Kasus bagi Kalangan TKI di Desa Tanggulturus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)

Evi Nur Aslinawati

Abstrak


ABSTRAK

Aslinawati, Evi Nur. 2015. Persepsi Masyarakat terhadap Efektivitas Penerapan Less Cash Society dalam Sistem Pembayaran (Studi Kasus bagi Kalangan TKI di Desa Tanggulturus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M, (II) : Thomas Soseco, S.E., M.Sc

Kata Kunci : Less Cash Society, Sistem Pembayaran, Efektivitas

Less Cash Societyadalahsuatu gebrakan yang dilakukan oleh Bank Indonesia guna meningkatkan kelancaran sistem pembayaran melalui fasilitas transaksi keuangan yang lebih aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat.Sekaligus sebagai upaya untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul akibat penggunaan uang tunai seperti meningkatnya uang beredar yang berujung pada inflasi dan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk mengelolaan uang tunai tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Less Cash Societyoleh masyarakat Desa Tanggulturus, 2) Hambatan yang dihadapi dalam Penerapan Less Cash Society, 3) Efektivitas Pelaksanaan Less Cash Society dalam sistem pembayaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Tanggulturus, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Less Cash Society di Desa Tanggulturus masih rendah atau belum efektif. Hal ini dikarenakan adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaanya, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi masyarakat Desa Tanggulturus dalam pelaksanaan Less Cash Societyadalah pola berfikir masyarakat yang masih kuno, rendahnya informasi, adanya kekhawatiran akan resiko penggunaan, dan kendala-kendala eksternal seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia, mahalnya biaya administrasi, serta kurangnya fasilitas penunjang, 3)Hasil dari penerapan Less Cash Society ini terbukti efektif dapat memperlancar sistem pembayaran dengan indikator keamanan, efisiensi, perluasan akses, dan perlindungan konsumen.

 

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak perbankan hendaknya lebih meningkatkan keamanan, memberikan penyuluhan terkait informasi-informasi progam yang ditawarkan untuk mendukung pelaksanaan Less Cash Societyserta menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung agar masyarakat dapat memberikan apresiasi dan respon positif terhadap progam ini, sehingga akan tercipta kelancaran sistem pembayaran di Desa Tanggulturus dan sekitarnya.