SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Gondanglegi

prawhidha prigo perdana

Abstrak


ABSTRAK

Perdana, Prawhidha Prigo. 2017. Pengaruh Pemanfaaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembmbing (I) Dr. Nasikh, S.E, M.P, M.Pd, (II) Dr. Imam Mukhlis, S.E, M.Si

Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Minat Belajar, Prestasi Belajar

TIK adalah suatu pebelajaran yang mengajarkan siswa tentang bagaimana memanfaatkan media elektronik secara optimal untuk memperoleh informasi. Salah satu media yang digunakan adalah media internet. Dengan dikembangkannya jaringan komputer, maka  memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk media web, sehingga dapat dikembangkan kejaringan yang lebih luas yaitu internet. Pemanfaatan media TIK terutama penggunaan internet sebagai sarana belajar dapat menjadikan salah satu cara untuk meningkatkan ilmu pengetahuan siswa. Dengan adanya internet siswa dapat menncari informasi secara luas dan cepat sesuai dengan materi yang ingin mereka pelajari.

Penggunaan TIK sebagai sarana pembelajaran di SMAN 1 Gondanglegi diharapkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dapat ditingkatkan. Karena minat adalah salah satu faktor keberhasilan dalam belajar. Siswa yang memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut. Tidak adanya minat dapat mengakibatkan siswa tidak menyukai pelajaran sehingga sulit berkonsentrasi dan sulit mengerti isi mata pelajaran tersebut dan akhirnya akan memperoleh prestasi belajar yang kurang baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh antara pemanfaatan TIK terhadap prestsi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi. (2) Untuk mengetahui pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara pemanfaatan TIK dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriminatif kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara pemanfaatan TIK dan minat belajar terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan sampel 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik proporsional dgunakan karena jumlah sampel yang diambil dari setiap kelas disesuaikan dengan proporsi tertentu sesuai dengan prosentase dari jumlah siswa dikelas tersebut. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukkan bahwa: (1) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan TIK kelas X SMAN 1 Gondanglegi terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif (SE) pemanfaatan media TIK (X) terhadap prestasi belajar (Y) adlah 10,36%. (2) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar ekonomi kelas X SMAN 1 Gondanglegi terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif (SE) variable minat belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 11,4%. (3) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan TIK dan minat belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi terhadap prestasi belajar dan kedua variable bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variable terikat sebesar 24,5%.