SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KeberhasilanProgram Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

Dian Puspita Sari

Abstrak


Sari, Dian Puspita. 2016. KeberhasilanProgram Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (i) Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si (ii) Thomas Soseco, S.E, M.Sc.

Kata kunci:Program UPPKS,Implementasi Program, Pemberdayaan Masyarakat

 

Indonesia menghadapi beberapa rintangan dalam memberantas kemiskinan. pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan bangsa dan seluruh masyarakat. Salah satu kasus yang terjadi di Desa Parengan. Masyarakat di daerah ini bekerja sebagai pengrajin tenun ikat dan memproduksi makanan ringan. Para pengusaha makanan ringan tergabung dalam sebuah kelompok UPPKS yang bernama Harapan Sentosa, kelompok ini didirikan oleh BPPKB di Kabupaten Lamongan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan pelaksanaan dan pencapaian dari Program UPPKS di Desa Parengan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Peneliti adalah informan kunci yang bertugas untuk mengumpulkan data berdasarkan kebutuhan dalam penelitian ini. Untuk memastikan validitas data maka data dilakukan triangulasi. Proses analisis data dari analisis data, identifikasi data, klasifikasi data dan evaluasi data.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pelaksanaan program UPPKS di Desa Parengan, UPPKS di Desa Parengan didirikan pada tahun 2010, program pemberdayaan yang dilakukan oleh BPPKB terhadap UPPKS adalah pendampingan dan penguatan kelompok, pengembangan keterampilan sumber daya manusia, memfasilitasi pinjaman modal dari pemerintah, pelatihan untuk kemasan produk dan pameran produk yang dilakukan setiap tahunnya. Kedua, pencapaian dari program yang dilakukan di Desa Parengan dikatakan berhasil dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang didapatkan kelompok UPPKS Harapan Sentosa yaitu, penyelenggara UPPKS terbaik I tingkat Kabupaten Lamongan dan Kader KB terbaik III tingkat Kecamatan Maduran. Jadi, pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan kehidupan mereka dan mensejahterakan semua masyarakat yang berpartisipasi.