SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 2 DI MAN 3 MALANG

Istiqomah . Istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

Istiqomah. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair And Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 di MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Ach. Ali Wafa. M.Pd

Kata Kunci : Think Pair And Share (TPS), Hasil Belajar

Pembelajaran kooperatif model Think Pair And Share (TPS) adalah teknik pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk berfikir, menjawab, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru membentuk siswa menjadi kelompok kecil dan memberikan sebuah permasalahan, dimana siswa diminta untuk memikirkan jawabannya secara individu (tahap think), kemudian siswa diminta untuk saling berpasang-pasangan 2 - 4 orang (tahap pair) untuk mencocokkan jawaban dari keduanya dan saling bertukar pendapat, selanjutnya tahap terakhir (sharing) siswa membagikan jawaban kelompok kepada kelompok lainnya. Hasil belajar siswa merupakan nilai yang dicapai siswa secara kognitif dari materi tentang Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar dalam Perekonomian setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share yang diukur melalui soal-soal tes yang diberikan guru yaitu dengan pemberian soal pra kegiatan dan paska kegiatan pada siklus I dan II untuk mengukur ranah kognitif.

Dari obesrvasi kelas X IPS 2 MAN 3 Malang ditemukan masih rendahnya daya serap siswa karena pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 2 masih tergolong rendah. KKM yang berlaku di MAN 3 Malang adalah 80, sedangkan rata-rata kelas nilai siswa X IPS 2 adalah 68 yang masih jauh dari KKM yang ditetapkan oleh sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di MAN 3 Malang pada mata pelajaran ekonomi  melalui Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai paska kegiatan siswa pada siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau sebesar 70% dengan nilai rata-rata kelas 81,5. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa atau dengan kata lain selurus siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Malang tuntas. Dari hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Untuk Guru Ekonomi pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share pada materi-materi yang bersifat konsep teori ekonomi yang kompleks dan banyak terdapat istilah-istilah ekonomi yang baru bagi siswa, hal ini dapat dilakukan jika terdapat persamaan latar belakang masalah sebagaimana pada penelitian ini.