SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGARUH TRANSAKSI TUNAI DAN NON TUNAI TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MAHASISWA EKONOMI PEMBANGUNAN ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Agusta Chandra Nugraha

Abstrak


ABSTRAK

Nugraha, Agusta Chandra. 2016. Analisis Pengaruh Transaksi  Tunai dan Non Tunai (Kartu Debit) Terhadap Tingkat Konsumsi  Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:(1)      Dr. Dwi Wulandari , S.E., M.M.

Kata Kunci : Tingkat Konsumsi, Transaksi Tunai, Transaksi Non Tunai

Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, pola dan sistem pembayaran dalam transaksi ekonomi terus mengalami perubahan. Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran tidak menggeser peranan uang tunai sebagai alat pembayaran yang lebih efisien dan ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transaksi tunai dan transaksi nontunai untuk tingkat konsumsi mahasiswa Ekonomi Pembangunan angkatan 2015 Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 139 mahasiswa dari 212 mahasiswa Ekonomi Pembangunan angkatan 2015 Universitas Negeri Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara transaksi tunai dan non tunai terhadap tingkat konsumsi mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2015. Transaksi tunai dan transaksi nontunai berpengaruh secara parsial. Penggunaan uang tunai akan mendorong konsumsi dikarenakan mahasiswa dengan membawa uang tunai, mahasiswa lebih mudah dalam bertransaksi karena tidak perlu melakukan proses yang tidak terlalu panjang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Dalam penelitian ini dalam transaksi tuani dan non tunai yang memiliki pengaruh yang lebih besar adalah transaksi tunai. Dengan membawa uang tunai mahasiswa akan lebih mudah membelanjakan uangnya sehingga membuat mahasiswa menjadi lebih konsumtif.

Hasil dari penelitian ini dapat disarankan bagi mahasiswa agar memulai membuat kartu debit dikarenakan dengan memegang uang tunai mahasiswa akan lebih lebih konsumtif. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat memenuhi kebutuhannya secara rasional.